Menyiapkan Slide

Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa Abrori / 11-Nov-2018 18:11:55

Mahasiswa sebagai roda penggerak pembangunan, dan estafet bangsa, saat ini dituntut untuk terus berinovasi dalam melahirkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, dalam koridor peningkatan kreativitas mahasiswa dalam berkarya, dan berkreatifitas Kegiatan Pusat Pengembangan Karir Mahasiswa Dan Alumni (PPKMA) UM Pontianak mengadakan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).Pelatihan dengan tujuan menggali potensi kreatifitas mahasiswa dalam berinovasi. Adapun tema yang diangkat adalah “Tuangkan Ide Kreativitasmu,  Buatlah Segera Proposalmu”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari di bulan (Rabu dan Kamis: 7-8 November 2018)

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan. Dalam sambutannya beliau mengatakan “Kreativitas adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh mahasiswa agar dapat bersaing dalam dunia kerja dan pengabdian pada masyarakat. Kreativitas ini dapat dikembangkan dan harus dilatih, oleh karena itu salah satu bentuk cara mengembangkan dan melatih kreativitas bagi mahasiswa adalah penulisan PKM.” Tuturnya

Lebih lanjut program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program yang bentuk oleh Kementrianristekdikti dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi baik itu dalam kreativitas, inovasi, dan pengabdian agar kelak dapat berperan aktif dalam masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Pendidikan yang diperoleh dari lembaga-lembaga akademik di masyarakat hanya menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi masyarakat dalam pengabdian.

Sementara Septian selaku sekretaris PPKMA mengatakan bahwa “Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah program tahunan nasional yang memiliki banyak peminat sehingga peserta memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk lolos ke babak selanjutnya yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), oleh karena itu perlu adanya strategi yang baik pada pembuatan proposal dan presentasi mahasiswa” jelasnya

Selain dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan PKM. Acara ini para peserta dibagi kelompok. Hal ini, guna memperdalam ide dan gagasnya masing-masing kelompok juga dipandu oleh seorang mentor yang sudah berpengalaman dalam kegiatan PKM dan mentor tersebut merupakan mahasiswa yang pernah mendapatkan pendanaan PKM sebelumnya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran