Milad ke-28: 415 Mahasiswa/i UM Pontianak wisuda Sarjana Abrori / 04-Nov-2018 19:11:48

UM Pontianak memperingati Milad ke-28 sekaligus Wisuda Sarjana yang dilaksanakan di Auditorium UM Pontianak Jl. Ahmad Yani 111. Hadir pada acara tersebut Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili Pelaksana Harian (Plh) Dr Syarif Kamaruzaman, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Provinsi Kalimantan Barat, perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi XI Kalimantan yang diwakili oleh Drs. H. Imam Suharto, MM, Ketua Majlis Diktilitbang PP Muhammadiyah diwakili Guru Besar Pendidikan Islam-Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Prof. Dr. Tobroni, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Barat Dr. Pabali Musa, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Pontianak, Pengurus BPH UM Pontianak, Pimpinan ‘Aisyiah, Ortom dan Amal Usaha Muhammadiyah, Wisudawan beserta kerabat serta undangan lainnya.

Rektor UM Pontianak, Dr. H. Helman Fachri SE MM dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur tiada terhingga atas perjalanan kampus yang didirikan secara resmi pada Oktober 28 tahun silam. “Keberhasilan ini adalah sebuah perjalanan panjang dari perpaduan tekad, optimisme dan kerja keras civitas akademika UM Pontianak, Badan Pembina Harian (BPH), Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalbar, Majlis Diktilitbang PP Muhammadiah dan berbagai pihak,”ungkap

Helman Fachri sembari berterima kasih kepada Gubernur Kalimantan Barat, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Kementrian Ristekdikti Wilayah XI Kalimantan yang senantiasa memberikan arahan, motivasi dan informasi yang cepat kepada UM Pontianak serta semua perguruan tinggi di Kalbar. ”Selamat kepada orang tua atau wali wisudawan atas keberhasilan anggota keluarganya menyelesaikan studi di UM Pontianak dan terima kasih atas kepercayaan dan kerjasama yang baik, teriring doa semoga kesuksesan menyertai para wisudawan dalam mengabdi di masyarakat,”ucapnya. Kepada Kopertis dan Pemerintah Provinsi Kalbar, Pimpinan Bank Kalbar Syariah, Helman Fachri mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik.

Pada kesempatan itu Rektor menyampaikan pesan bahwa saat ini UM Pontianak mewisuda 415 mahasiswa, dari beberapa program studi. Ia juga menyampaikan beberapa mahasiswa berhasil meraih dengan IPK yang cukup tinggi. Mereka antara lain: Akbar Maulana dengan IPK 3,91 predikat dengan pujian, dari Program Studi Pendidikan Agama Islam. Ai Elis dengan nilai IPK 3,88 predikat dengan pujian dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Abdullah Yamani Noor dengan nilai IPK 3,87 predikat dengan pujian dari Program Studi Pendidikan Kimia, Arini Resti Fauzi dengan IPK 3,70 Predikat Dengan Pujian Dari Program Studi Budidaya Perairan, Miea Sari nilai 3,69 dengan Predikat dengan pujian dari program studi Manajemen, Erka janandri dengan nilai IPK 3,66 predikat dengan pujian dari Program Studi Pendidikan Biologi, Kusuma Ambar Wati dengan nilai IPK 3,65 Predikat dengan pujian dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Budi Raharja dengan nilai IPK 3,44 sangat memuaskan dari Program Studi Teknik Mesin.

Selain itu, pada acara wisuda tersebut dilakukan juga orasi ilmiah oleh Dr. Ir, Eko Dewantoro, M.Si. dengan tema “potensi dan prospek pengembangan akuakultur di Kalimantan Barat”. Tidak hanya itu saja beberapa keberhasilan juga disampaikan dalam acara milad dan wisuda tersebut. adapun keberhasilannya antara lain: Bidang Penelitian UM Pontianak banyak mendapatkan hibah dari kemeristekdikti pada skim peneliti dosen pemula sebanyak 12 kelompok senilai 155 juta. Bidang pengabdian dilakukan secara terprogram pada mata kuliah tertentu dan program institusi. Program pengabdian yang dibiayai oleh Universitas sejumlah 165 Juta. Hibah pengabdian dari kemenristekdikti  yakni program kemitraan masyarakat 3 judul senilai 120 juta. KKN-PPM 3 Program senilai 225 juta. Hibah multi yeras Ristekdikti terdiri dari program pengembangan desa mitra 2 judul dan program pengembangan kewirausahaan satu judul senilai 300 juta. Pengabdian ini terbanyak untuk PTS se Kalimantan. Publikasi Ilmiah dosen tetap berhasil masuk jurnal internasional terindek scopus tahun 2018 sebanyak 4 judul. Paten 2 judul, HAKI dan hak cipta sebanyak 83 buah dan program KKN-KKU dilaksanakan di 4 Kabupaten yakni Mempawah, Melawi, Sanggau dan Kubu Raya yang diikuti oleh para mahasiswa.      

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran