Transparansi Informasi Melalui Fasilitas AKSes KSEI Abrori / 03-Nov-2018 21:11:57

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak untuk pertama kalinya dikunjungi oleh pemegang AKSes Kustodian sentral efek Indonesia atau yang disingkat dengan KSEI. Acara ini diselenggarakan di Aula UM Pontianak Jalan A. Yani 111 Pontianak. Acara ini sendiri mengangkat tema “Transparansi Informasi Melalui Fasilitas AKSes KSEI”. Acara ini berlangsung dua hari. Hari pertama, di hadiri oleh seluruh KSPM di Kalimantan Barat. Pada kegiatan ini peserta yang hadir sejumlah 81 peserta. Sedangkan hari kedua, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa dan umum berjumlah 218 peserta. Adapun narasumber acara tersebut adalah Direktur utama PT. KSEI Frederica Widyasari Dewi dan Kepala kantor BEI Kalimantan Barat Taufan Febiola. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan FEB Samsudin, SE, M.Si, Wakil Dekan FEB Dedy Hariyanto, SE.,MM, OJK, KSEI, dan BEI Cab. Pontianak. Adapun tujuan acara tersebut untuk mengedukasi Bursa Efek dan KSPM agar nantinya megetahui fasilitas perlindungan investor yang bernama fasilitas acuan kepemilikan sekuritas (AKSes) Kustodian sentral efek Indonesia (KSEI). Acara ini dibuka oleh Dekan FEB UM Pontianak Bapak Samsudin, SE, M.Si. Kemudian, acara dilanjutkan  presentasi oleh Taufan Febiola Kepala kantor BEI Kalimantan Barat.

Direktur utama PT. KSEI Frederica Widyasari Dewi mengatakan bahwa “program ini berawal dari tahun 2009, lanjut berkembang hingga sekarang. Kami berencana akan menjangkau ke daerah-daerah, akan tetapi daerah tersebut harus diseleksi terlebih dahulu. Untuk Pontianak sendiri terakhir kami kunjungi di tahun 2011 dan di tahun ini, kami kunjungi kembali guna silahturahmi kepada teman-teman. Selain itu, selama ini temen-temen dari kampus hanya mengetahui bursa efek saja. Akan tetapi, di pasar modal ada 3 institusi yaitu, Bursa, KPEI dan KSEI.  

Lebih lanjut beliau mengatakan “Setiap investor berhak memperoleh kartu AKSes SID yang wajib diberikan oleh pemegang rekening tempat investor terdaftar menjadi nasabah. Kartu single Investor Identification (SID) merupakan identitas resmi investor di pasar modal Indonesia yang di keluarkan oleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Untuk fasilitas, KSEI memberikan  media informasi secara online yang diberikan kepada investor sebagai nasabah pemegang rekening (perusahaan efek dan bank kostodian). Untuk dapat langsung memantau portofolio investor di pasar modal secara nyaman dan transparan di KSEI dan dana yang disimpan di Bank. Kontributor Hendri

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran