188 mahasiswa Prodi Kesmas Fikes UM Pontianak mengikuti Yudisium Abrori / 01-Nov-2018 21:11:14

 Kegiatan Yudisium merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai bentuk pengesahan terhadap mahasiswa yang telah mengikuti proses ujian Skripsi dan dinyatakan telah lulus menempuh ujian tersebut," kata Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak Dr. Linda Suwarni, SKM.,M.Kes di Pontianak.

Dia menjelaskan, dalam Yudisium kali ini  akan diikuti sejumlah 188 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa S1 dari jurusan/peminatan Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku (PKIP), Kesehatan Lingkungan,  Kesehatan Reproduksi, Gizi Kesehatan Masyarakat dan Epidemiologi Kesehatan, serta prodi kelas Sintang pemintan Kespro dan pemintan PKIP. Semua berhasil lulus dengan membanggakan.

"Selain itu dalam menghadapi persaingan yang ketat dunia kerja, lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat untuk segera mengikuti uji kompetensi dan mengurus Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai wujud pengakuan SKM sebagai tenaga Kesehatan Masyarakat yang profesional. Mengingat tantangan masa yang akan datang dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada poladigital economy,artificial intelligence,big data,robotic,dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomenadisruptive innovation." katanya.

Pada kesempatan yang sama Rektor bapak Helman Fachri, SE.,MM berpesan agar semua lulusan mampu menjaga nama baik almamater, menjalin komunikasi, silaturahim dan saling bertukar informasi dengan kampus maupun alumni.

Sementara ketua Panitia Yudisium Teddy Dian Pradana, SKM.,M.Kes  mengatakan bahwa Kegiatan yudisium ini diselenggarakan di Hotel Gardenia, Kabupaten Kubu Raya itu secara otomatis menambah lulusan kesehatan masyarakat di Kalimantan Barat yang dipersembahkan kepada bangsa, negara dan dunia. Pada yudisium ini, lanjutnya, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan mengalami Dinamika dari 3,77 pada tahun 2014 menjadi 3,84 pada tahun ini (2015),  3,72 pada tahun (2016), 3,81 pada tahun 2017 dan tahun 2018 ini tercatat tiga orang lulusan terbaik dalam yudisium pada tahun ini yaitu Kusuma Ambar Wati dengan IPK 3,7 dan dinyatakan sebagai peserta dengan pujian, Fenny Septa Wijayanti dengan IPK 3,6 dan Nurul Ilmi dengan IPK 3,5 mereka merupakan lulusan Dengan Pujian. Kita tentu berharap, agar para lulusan terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan ilmu di bidang kesehatan masyarakat agar cita-cita untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat diwujudkan," katanya.

Selain itu pada kegiatan ini juga dilaksanakan oral presentation oleh Dr, Drs H Mardjan, M.Kes dengan judul “Efektivitas  EFT  (Emotional Freedom Techniques) Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Menghadapi Persalinan  ( Studi Eksperimen Ibu Primipara Remaja Di Kota Pontianak)

Selain acara yudisium Fikes UM Pontianak menginformasikan bahwa pada tahun ini akan membuka pendafataran mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020. Pendaftaran mulai tanggal 1 Februari 2019 sampai dengan 31 September 2019. Ada tiga program studi yang dibuka yaitu: prodi S1 kesehatan masyarakat (terakreditasi B, SK BAN PT No. 324/BAN-PT/Akred/S/V/2015), prodi S1 kesehatan masyarakat kelas sintang, dan prodi S1 Psikologi yang baru dibuka (SK Menristekdikti No. 540/KPT/I/2017).

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran