Menyiapkan Slide

Peran Media dan Dunia Kampus dalam Implementasi SDG’s/TPB Abrori / 01-Nov-2018 20:11:45

Forum komunikasi daerah kerja sama multi pihak dalam pencapaian SDGs/TPB (Sustainable Development Goals/ Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). Acara ini diselenggarakan di hotel Santika Pontianak. Pada kesempatan perwakilan Infokom UM Pontianak turut hadir dalam kegiatan tersebut. Leni dalam hal ini melaporkan terkait kegiatan SDG’s. Adapun tujuan kegiatan ini adalah menjelaskan tentang apa itu SDG’s. Bagaimana mencapainya, keterlibatan instansi pemerintahan dalam pelaksanaannya dan partisipasi segala pihak di antaranya media, Instansi pendidikan serta organisasi masyarakat untuk saling bekerja sama untuk terlaksananya SDGs.

Leny melaporkan bahwa “acara ini membahas mengupas tentang bagaimana caranya agar negara kita-Indonesia bisa mencapai SDGs/TPB pada tahun 2030. Pontianak adalah kota kedua setelah semarang yang mengadakan forum ini. Ada 17 item yang harus dicapai agar Indonesia bisa menjadi target SDGs. Adapun target SDG’s tersebut yaitu: tanpa kemiskinan, kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih, sanitasi layak, energi bersih, terjangkau, pekerjaan layak, pertumbuhan ekonomi, industri inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesejangan, kota dan pemukiman yang berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lautan, ekosistem daratan, perdamaian keadilan dan kelembagaan yang tangguh, dan kemitraan untuk mencapai tujuan. Acara ini dihadiri seluruh instansi baik instansi pemerintahan, swasta dan komunitas di seluruh Kalimantan barat”. Jelasnya  

Acara ini dihadiri oleh 120 peserta yang dipelopori oleh kantor staf presiden republik Indonesia, Kominfo dan Kementerian PPN/Bappenas. Acara ini juga menghadirkan 5 narasumber di antaranya: pertama, kementerian PPN/Bappenas ( ibu Dei Virgianti) tema: Implementasi SDGS melalui pengelolan SDA berkelanjutan dan kerja sama multi pihak. Kedua Bappeda Kalbar ( bapak Ahi ) tema: Penyusuanan dan pelaksanaan RAD yang inklusif dan Representatif. Ketiga perakilan perguruan tinggi (UNTAN) (Prof. Gusti Z. Anshari) tema: peluang keterlibatan aktif perguruan tinggi optimalisasi pemanfaatan SDA berkelanjutan untuk mencapai SDGS. Keempat perwakilan CSO ( bapak Hamong Samtono ) tema: Mekanisme pelibatan organisasi masyarakat sipil dalam pemanfaatan SDA berkelanjutan untuk pencapaian SDGS secara holistic. Dan kelima perakilan media local (tribun pontianak) (pak Ahmad Suroso) tema: Peran media untuk mendorong perlibatan multi pihak dalam implementasi SDGs/TPB.

 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran