Pemberdayaan Masyarakat Pada Isu-Isu Kesehatan Abrori / 23-Oct-2018 23:10:08

Perhatian terhadap permasalahan kesehatan terus dilakukan terutama dalam perubahan paradigma sakit ke paradigma sehat. Paradigma sakit merupakan upaya untuk membuat orang sakit menjadi sehat, menekankan pada kuratif dan rehabilitatif, sedangkan paradigma sehat merupakan upaya membuat orang sehat tetap sehat, menekan pada pelayanan promotif dan preventif.

Itulah penekanan mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat. Mata kuliah yang diampu Abrori, M.Kes mencoba melibatkan para mahasiswa-maahasiswi untuk terlibat langsung ke masyarakat. Caranya setelah empat kali pertemuan para mahasiwa diminta turun kelapangan untuk mempraktekkan tahapan pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa hanya diminta melaporkan bagaimana prosesnya pendekatan ke masyarakat, maupun ke institusi sekolah sesuai dengan teori yang dipelajarinya.

Isu yang dibawa para mahasiwa dan mahasiswi sangat sederhana dari mulai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, sanitasi berbasis lingkungan maupun tawaran pemberdayaan lainnya. Kemudian para mahasiswa-mahasiswi dibagi dalam beberapa kelompok. Tercatat dari 3 kelas semester 3 ada 30 kelompok yang masing-masing terdiri atas 4-5 orang dalam satu kelompoknya. Mereka turun di Kabupaten Kubu raya dan Kota Pontianak. Hasilnya para mahasiwa-mahasiswi rerata dapat mempraktekan aspek pemberdayaan masyarakat pada isu-isu kesehatan.

Idris mahasiswa semester III kelas B mengatakan bahwa “mata kuliah ini sungguh asyik dan bermanfaat, ilmunya mudah dipraktekan. Awalnya takut tidak berhasil dan mengulang lagi”. Jelasnya

Sementara Bella mahasiswi semester III Kelas A bertutur bahwa mata kuliah ini membantu masyarakat dalam rangka pencapaian kemandirian kesehatan, pemberdayaan masyarakat yang tidak bisa diabaikan. Pemberdayaan bidang kesehatan ini merupakan sasaran utama dari promosi kesehatan.

Sedangkan Safriasnyah mahasiwa semseter III kelas C menjelaskan bahwa pada mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam proses untuk menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam mengenali, mengatasi, memelihara, melindungi dan meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri. Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan bagian dari upaya menumbuhkan kesadaran kemauan dan kemampuan dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran