Menyiapkan Slide

Kuliah di Luar Kampus Mengapa Tidak? Abrori / 21-Oct-2018 20:10:25

Kuliah tidak hanya di dalam ruangan dimanapun tempat bisa dilaksanakan, salah satunya mata kuliah dinamika kelompok. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang ada pada peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Um Pontianak.

Kali ini perkuliahan diadakan di luar kelas yaitu Taman catur Pontianak. Hal ini dengan tujuan melatih kepercayaan mahasiwa berinteraksi langsung dengan dinamika masyarakat pengunjung. Dinamikakelompokmerupakan mata kuliah yang mengkaji suatu pengetahuan sosial yang menganalisa hakikataktivitasberkelompok dalam hubunganantaranggota kelompok, interaksi, saling mempengaruhi dalam situasi sosialdalamkelompokagar mampu bergerak, berkembang dan menyesuaikan dirimembangun kelompok dalam satupencapaiantujuan.

Sejumlah Mahasiswa mengikuti perkuliahan yang diampu oleh Abrori, M.Kes. kuliah ini lebih mengutakamakan kratifitas dalam membentuk kelompok dan interaksi antarindividu. Pada mata kuliah diajarkan: Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup; memudahkan segala pekerjaan; mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga seleseai lebih cepat, efektif dan efesian;  menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat; termasuk mengenai karakter individu.

Sementara yayu, salah seorang yang mengambil mata kuliah tersebut mengatakan bahwa “kalau menurut saya, kuliah di luar kampus sesekali boleh dilakukan, karena menurutnya bermanfaat bagi mahasiswa, pengajar maupun masyarakat yang melihat juga sebagai ajang promosi gratis. Mahasiswa yang jenuh dengan rutinitas dan keadaan kelas yang itu-itu aja, akan lebih menikmati proses belajar karena suasana yang berbeda. Dosen pun mungkin sama dan bisa lebih nyaman mengajar jika mahasiswanya lebih rileks dan enjoy. Sehingga tujuan perkuliahan dapat lebih tercapai. Sementara masyarakat yang melihat pun akan mendapatkan opini baru bahwa dunia kampus itu tidak selalu ekslusif dan tertutup, dan melihat keunikan proses belajar mengajar  kita  sehingga mungkin akan menimbulkan minat masyarakat untuk mengetahui lebih jauh tetang kampus kita.” Jelasnya

Sedangkan mahasiswa yang lain Hakim mengatakan “Teman-teman pun sangat senang dengan kuliah di luar kampus. Mereka bahkan mengatakan kalau bisa setiap minggu kuliahnya di luar aja. The best solution pak.. Ngilanginn kejenuhan” tuturnya

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran