Menyiapkan Slide

PKMA memfasilitasi pelatihan penulisan Surat Lamaran dan CV untuk alumni Abrori / 20-Oct-2018 21:10:02

Pontianak, Lulus sarjana adalah kebanggaan semua orang yang merasakan pendidikan tinggi. Namun ada tantangan baru yang harus dihadapi yaitu kampus kehidupan. Setelah lulus cenderung mencari pekerjaan, karena gelar sarjana sudah di tangan. Malu jika sudah lulus menganggur di rumah atau kost. Mencari pekerjaan adalah salusinya. Untuk menuju pekerjaan yang diimpikan ada beberapa perjuangan yang perlu dilakukan. Salah satunya membuat surat lamaran. Surat lamaran kerja adalah point penting yang menentukan apakah seseorang diterima atau sebaliknya. Karenanya guna menjawab hal tersebut Pusat Karir Mahasiswa Dan Alumni (PKMA) UM Pontianak mengadakan kegiatan penulisan surat lamaran dan pembuatan CV. Hal ini, dengan tujuan membantu alumni dalam membantu membuat surat lamaran, CV, tip dan trik melamar suatu pekerjaan. Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh alumni dari beberapa program studi yang ada di lingkungan UM Pontianak, Ketua PKMA Ibu Selviana, SKM.,MPH dan Wakil Rektor III UM Pontianak.

Dr.Mawardi, MM selaku wakil rektor III dalam sambutannya mengatakan bahwa ”Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali. Mengingat anda harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang Anda inginkan semakin besar. Hal ini, dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan, namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang anda inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat” terangnya

Septian Triadi Syahputra dari PKMA UM Pontianak. Septian mengatakan bahwa “Pendirian pusat karir menjadi salah satu hal yang krusial dalam institusi perguruan tinggi untuk mempertemukan supply dan demand”. Ungkapanya”

Pembicara lain dalam pelatihan ini adalah Abrori, M.Kes. Dalam materinya  beliau menyampaikan konsep penulisan surat lamaran dengan pendekatanAttention, Interest, Desire, and Action (AIDA) untuk menggugah atau menarik perhatian pembaca. Pendekatan AIDA ini lebih menekankan pada sisi sikap pelamar kerja dan apa manfaat yang di dapat oleh pembaca.

Abror mengatakan “Proses melamar kerja sering kali menjadi momok menegangkan bagi calon pegawai, Hal tersebut bertambah lengkap ketika harus membuat surat lamaran kerja. Pembuatan lamaran kerja baik itu ke perusahaan kecil, menengah maupun kelas kakap tetaplah menjadikannya sebagai suatu beban yang mau tidak mau harus dijalankan. Membuat surat lamaran kerja sebenarnya tidaklah sulit, namun karena berbagai pemikiran atau ketegangan menghadapi tempat bekerja yang baru menjadikannya suatu beban tersendiri. Dengan demikian peran sebuah contoh surat lamaran kerja sangatlah penting. Banyak contoh surat lamaran kerja yang tersebar di media internet dengan berbagai macam metode atau tehnik pembuatan dapat ditemukan dengan sangat mudah. Meski banyak yang telah membuat contohnya, Pada dasarnya format penulisan sebuah surat lamaran kerja tidaklah jauh berbeda” tuturnya

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran