Menyiapkan Slide

LPPM UM Pontianak Laksanakan KKN-PPM di Daerah Pesisir Abrori / 18-Oct-2018 23:10:23

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Pontianak melaksanakan pengabdian pada masyarakat di Desa Kuala Secapah Kabupaten Mempawah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 46 hari. Lebih tepatnya pelaksanaan itu terlaksana dari tanggal 28 Juli-16 September 2018. Pengabdian ini merupakan Program KKN-PPM  Kemenristekdikti Tahun anggaran 2018. Pada kegiatan ini LPPM UM Pontianak melibatkan sebanyak 30 mahasiswa dari 5 prodi yang ada di lingkungan UM Pontianak. Prodi tersebut antara lain: Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Budidaya Perairan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Teknik Mesin yang tersebar di 3 dusun.

Edi Suryadi, SE, MM selaku Ketua LPPM UM Pontianak, Pengabdian Masyarakat “merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam upaya mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi hasil penelitian para dosen di bidang akademisi masing-masing. Hal ini agar ilmu yang dimiliki dosen tersebut dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah/kesulitan yang ada". Jelasnya

Selviana, SKM, MPH selaku ketua kegiatan KKN PPM mengatakan bahwa “kegiatan ini tidak hanya dilakukan dalam rangka melaksanakan matakuliah universitas, tetapi kegiatan ini juga merupakan wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat sekaligus mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dibangku perkuliahan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas khususnya nelayan, dan meningkatkaan derajat kesehatan serta pendidikan masyarakat sekitar. Setelah KKN PPM ini selesai dilaksanakan IPTEK yang telah diberikan akan dilanjutkan oleh kelompok-kelompok yang telah dilatih sebelumnya diantarnya Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR), Kelompok Gapoktan, Ibu-ibu UKM, Kader PHBS, Kader Rumah Pintar dan lain-lain” terangnya.

Mawardi selaku Kepala Desa Kuala Secapah mengungkapkan bahwa kegiatan KKN-PPM yang dilakukan UM Pontianak ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Kuala Secapah, khususnya para nelayan. Nelayan yang awalnya hanya menangkap ika dilaut, kini sudah dapat membudidayakan ikan dengan teknik kolam terpal di halaman rumahnya. Selain itu, beberapa produk-produk UKM di Desa Kuala Secapah kini sudah ada PIRT dan sertifikat MUI.

Kegiatan KKN-PPM yang dilaksanakan di Desa Kuala Secapah ini mencoba mengangkat tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Resource Base Strategy(RBS) dalam Rangka Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Suku Adat Pesisir Pantai Di Desa Kuala Secapah Kalimantan Barat. Adapun program yang dilaksanakan di antaranya pada bidang ekonomi dan perikanan yaitu peningkatan kewirausahaan ekonomi pertanian dan perikanan, dengan cara pembentukan dan pembinaan kelompok Poklahsar, pelatihan pembuatan akuaponik dan kolam terpal, pelatihan pembudidayaan dan peningkatan produksi ikan. Pada Bidang Kesehatan dilaksanakan kegiatan  promosi kesehatan meliputi penyuluhan tentang GERMAS, sosialisasi jamban sehat, sarana air bersih, sanitasi lingkungan, pelatihan kader remaja siaga dan kader posyandu, tanaman obat keluarga (toga), penyediaan sarana CPTS (Cuci Tangan Pakai Sabun), pelatihan dan praktek penerapan tekhnologi air bersih dengan saringan air bersih bertingkat. Sedangkan di bidang pendidikan dilaksanakan kegiatan pembentukan “Rumah Pintar”, pelatihan pembuatan kolase, meronce, mozaik, montase dari bahan-bahan alami dan sederhana. Adapun teknologi tepat guna yang diberikan kepada mitra di antaranya Alat Pemotong Kerupuk, Siller, Media Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Media Kompos, Aquaponik Kolam Terpal, Media APE Rumah Pintar dan lain-lain.


Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran