Menyiapkan Slide

Dosen UM Pontianak berhasil dalam Lomba Cipta Karya TTG Abrori / 01-Oct-2018 13:10:34

Dosen UM Pontianak berhasil juara harapan 3 Lomba Cipta Karya Teknologi Tepat Guna tingkat Kota Pontianak tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung sejak 17 September 2018 di Aula Kantor Camat Pontianak Barat. Adapun yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen se Kota Pontianak.  Acara ini rutin berlangsung setiap tahun.

Eka Indah Raharjo sebagai pemenang harapan 3 mengatakan “Kehadiran teknologi di masyarakat secara tidak langsung meningkatkan kemampuan produksi, memberikan nilai tambah pada komoditas lokal unggulan, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Tidak hanya itu saja, teknologi juga menciptakan kelompok-kelompok usaha mandiri yang berkemampuan dalam mendorong kegiatan ekonomi produktif. Teknologi Tepat Guan adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan”. Tuturnya

Lebih lanjut dosen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak tersebut menjelaskan dalam konteks pemberdayaan masyarakat. Teknologi Tepat Guna merupakan pemicu pertumbuhan. Pemanfaatannya secara optimal akan mewujudkan efisiensi ongkos produksi, memperbaiki proses dan mutu produksi. Peningkatan kapasitas dan nilai tambah produk usaha masyarakat meminimalisir kerusakan lingkungan, sehingga dapat mensejahterakan, meningkatkan taraf hidup dan memberantas kemiskinan. Lomba Cipta Karya Teknologi Tepat Guna Kota Pontianak Tahun 2018. Diharapkan menjadi sarana terbuka masyarakat umum Kota Pontianak untuk berkreasi dan berinovasi di bidang teknologi khususnya yang terkait 5 (lima) aspek strategis pemanfaatan energi baru dan terbarukan, aspek pengelolaan lingkungan, aspek penyediaan infrastruktur dan aspek pemampuan ekonomi (kerajinan dan ekonomi kreatif). Dewan juri terdiri atas 5 tim penilai yang berasal dari para ahli di bidangnya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran