Menyiapkan Slide

PPDM Dikti Untuk Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat Abrori / 26-Sep-2018 22:09:25

UM Pontianak melalui Tim Dosen Pengabdi telah melaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan, mampu memberikan alternatif pemberdayaan dan solusi dalam berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Ini sesuai dengan mandat Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma yang ketiga“Pengabdian Kepada Masyarakat”. Kegiatan tersebut merupakan kewajiban bagi setiap Dosen guna transfer teknologi pada masyarakat. Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diaplikasikan berupa Program pengembangan desa mitra (PPDM) Dikti dari Kemenristekdikti Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya (Bappeda, Dinas Perikanan dan Kelautan) serta Desa Rasau Jaya Tiga.

Edy Suryadi ketua LPPM UM Pontianak, mengatakan bahwa “PPDM Dikti ini merupakan program pengabdian yang penugasannya dilaksanakan oleh Tim Dosen dibantu beberapa mahasiswa sebagai pembelajaran mereka di lapangan. Harapannya supaya program PPDM Dikti ini dapat berjalan dengan sukses, lancar, sesuai dengan apa yang direncanakan serta dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Ditempat terpisah, Eka Indah Raharjo (selaku Ketua Tim Dosen Pengabdi) menyatakan bahwa “Tahun 1 (2018) PPDM Dikti melaksanaka kegiatan berupa transfer teknologi perakitan pembuatan kolam terpal ramah lingkungan. Ini dilaksanakn untuk proses budidaya (pembesaran) ikan air tawar konsumsi, teknologi formulasi pembuatan pellet (pakan buatan untuk ikan). Teknologi proses tersebut menggunakan mesin pencetak pellet dan teknologi strategi ekonomi guna manajemen pemasaran produk hasil ikan. Program ini diaplikasikan dalam bentuk metode Ceramah, pelatihan yang bersifat terpusat dan fokus grup diskusi pada masing-masing kelompok mitra masyarakat. PPDM Dikti ini mempunyai sasaran kelompok dengan mitra masyarakat di antaranya kelompok mitra I (Usaha Berkah), kelompok mitra II (Mina Sari) dan kelompok mitra III (Gema Rajati).” Tuturnya

Lebih lanjut dosen perikanan budidaya juga menjelaskan bahwa program ini dibantu anggota Tim antara lain bapak Gunarto (dosen teknologi rekayasa) dan Feni Supriadi (dosen manajemen ekonomi pemasaran). Kegiatan ini merupakan tugas wajib sebagai Dosen di lingkungan UM Pontianak guna mengabdi turun ke lapangan dan memberdayakan masyarakat khususnya di Desa Rasau Jaya Tiga.

Kepala Desa Rasau Jaya Tiga, IIn Sumirad menyambut baik program pengabdian PPDM di wilayah kerjanya. Selaku kepala Desa Rasau Jaya Tiga beliau megatakan bahwa, “Saya sangat mendukung program dari Kemenristekdikti RI ini untuk kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat kami sampai 2 tahun ke depan. Tidak hanya itu saja kegiatan ini juga didukung oleh Dana Desa yang tertuang dalam RPJMDes Rasau Jaya Tiga tentang program pengembangan perikanan budidaya.” ungkapnya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran