Menyiapkan Slide

KKU/KKN-PPM Fokus Utama Pemecahan Masalah Stakeholders Abrori / 25-Sep-2018 09:09:20

UM Pontianak adalah salah satu Universitas yang menjadikan program Kuliah Kerja Usaha (KKU) sebagai program unggulan. Saat ini program tersebut telah memberikan kontribusi kongkrit bagi masyarakat. KKU mempunyai sejarah panjang dalam perkembangannya, dari awal pelaksanaan KKU adalah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKU/KKN-PPM). Pada kegiatan KKU/KKN-PPM ini fokus utamanya adalah pemecahan masalah yang dihadapi oleh stakeholders. KKU-KKN-PPM dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa di lapangan untuk beberapa saat. Setidaknya 45 hari mereka live in di desa yang menjadi fokus kegiatan.      

Setelah berproses dan live in di fokus kegiatan tiba saatnya penarikan mahasiswa ke kampus kembali untuk belajar dan menyelesaikan studinya. Namun sebelum mempertanggungjawabkan kegiatan tersevut secara ilmiah, mahasiswa terlebih dahulu melakukan proses penarikan.

Penarikan program  dilaksanakan di kantor kecamatan Kapuas. Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Camat bapak camat Sanggau Kapuas, Bapak Drs. Alipius, M.Si, Kades Sei Mawang bapak Hironimus, Kades Mengkiang Abang Syakirin, Kepala Puskemas Sanggau Kapuas Albert Sihotang, MKM, Ketua Pimpinan Daerah `Aisyiyah Sanggau Ibu Haslinda, M. PdI dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sanggau Ade Juandi, SH.

Dalam kegiatan tersebut antara lain dilaksanakn pelaporan Dosen Pembimbing KKN-PPM Ibu Marlenywati, MKM. Dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa “kegiatan mahasiswa KKN-PPM dilaksanakan selama 45 hari. Mereka melaksanakn kegiatan baik dari program bidang kesehatan, ekonomi dan kewirausahaan. Program tersebut antara lain: pelatihan kader Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Jamban Sehat percontohan, tabungan jamban sehat (tanjan), filtrasi air bersih sederhana dan celengan air bersih. Pendataan PIS-PK 300 KK bersama Puskesmas Sanggau Kapuas di 2 desa sekaligus penyuluhan PHBS rumah tangga dan rumah sehat yang dilakukan secara door to door. Rumah yang telah mendapatkan penyuluhan kemudian ditempelkan stiker di depan rumahnya, selanjutnya kegiatan PHBS lainnya adalah pembuatan tong sampah sebagai percontohan”. Tutur dosen Kesehatan Masyarakat

Lebih lanjut wakil dekan Fakultas Ilmu Kesehatan juga memaparkan bahwa pada sektor ekonomi antara lain kewirausahaan tepung singkong, abon lele, keripik, kerupuk biji karet, pupuk organik, dan Sosialisasi Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Selain itu kewirausahaan yang lain pengolahan barang bekas (sampah) menjadi produk olahan seperti halnya tempat tisu, vas bunga, dan sebagainya. Kelompok KKN-PPM juga bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa dan Pimpinan Daerah `Aisyiyah untuk membantu pemasaran produk dan keberlanjutan program.

Di bidang pendidikan tersedia rumah pintar yang di dalamnya terdapat kegiatan rutin 2x/minggu serta inventarisasi buku yang tersedia. Kelompok KKN-PPM juga menyediakan buku untuk kegiatan di rumah pintar. Selain itu, juga dilakukan pelatihan kader rumah pintar yang kemudian diserahkan pula timbangan dan microtoise di rumah pintar dengan tujuan membantu penilaian status gizi anak usia dini

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran