Menyiapkan Slide

Seminar dan Pameran Hasil KKU-KKN/PPM Mahasiswa Abrori / 23-Sep-2018 16:09:07

Kuliah Kerja Usaha-Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKU-KKN/PPM) merupakan salah satu kegiatan dalam Perndidikan. Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses pendewasaan dan pemandirian manusia secara sistematis dan bertanggung jawab. Menjalani kehidupan secara bertanggung jawab berarti berani mengambil keputusan yang bijaksana sekaligus berani menanggung segala konsekuensi yang ditimbulkannya. Kegiatan ini merupakan salah satu wahana bagi mahasiswa dan dosen serta unsur civitas akademika sendiri untuk dapat mempelajari permasalahan yang terjadi di masyarakat. Kegiatan ini merupakan realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk dosen tinggal di desa dalam jangka waktu tertentu dan ikut serta membantu masyarakat desa.

Tujuan kegiatan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan memecahkan problem sosial bersama-sama masyarakat dalam rangka meningkatkankesejahteraan sosial, pencerahan, dan pembebasan sesuai dengan visi, misi, dan fungsi perguruan tinggi agama islam

Dedi Hariyanto, SE.,MM selaku ketua panitia mengatakan bahwa “sebelum mahasiswa turun ke lapangan ada beberapa tahapan yang dilaluinya antara lain; mahasiswa menentukan sendiri lokasi yang akan dijadikan praktek, Pembekalan yang disampaikan oleh tim yang ditunjuk oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UM Pontianak, penerjunan ke lokasi praktek, tentu tidak dilepas bitu saja ada kegiatan seperti monitor dan evaluasi serta penarikan dari lapangan. Setelah prosesi tersebut para mahasiwa diminta untuk mempertanggungjawabkan hasil kegiatan di depan tim penilai ada pertanyaan, klarifikasi dan masukan oleh pereview. Saat ini mahasiswa pada tahapan pemaparan hasil kegiatan. Pada sela-sela kegiatan tersebut panitia menyelenggarakan juga pameran hasil karya meraka selama 45 hari di lapangan”. Pungkasnya

Sementara itu Raudhatul Fadhilah, SPd., M.Si selaku sekretaris LPPM mengatakan bahwa “UM Pontianak Kali ini melakukan kegiatan KKU-KKN/PPM fokus di Kabaupaten Kubu Raya,  Melawi,  Sintang,  Mempawah dan Sanggau.  Fokus kegiatan dilaksanakan pada 50 desa,  dengan jumlah peserta 640 orang mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi. Pada saat ini program KKU juga mempunyai pola magang pada 9 instansi (Pemerintah,  BUMN dan swasta) serta magang juga dilaksanakan di Kota Pontianak dan Thailand Selatan.” Tutur dosen Pendidikan Kimia tersebut.

 KKU-KKN/PPM adalah suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu, KKN-PPM diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan member, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran