Menyiapkan Slide

Pusat Karir Mahasiswa Hal Krusial dalam Institusi Perguruan Tinggi Abrori / 22-Sep-2018 17:09:17

Surabaya, ICCN -Indonesia Career Center Network (ICCN) telah meluncurkan sebuah produk unggulan berupa Career Center Officer Program (CCOP). Program ini adalah ajang berbagi ilmu terkait pengelolaan pusat karir. Program, terbagi ini dibuat menjadi dua, yakni CCOP 1.0 dan CCOP 2.0.

Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T selaku Presiden ICCN pada sambutan mengungkapkan bahwa “ICCN sebagai ajang berkumpulnyaexpertiseyang berpengalaman dalam mengembangkan pusat karir di Indonesia. ICCN menginisiasi program CCOP sebagai produk unggulan ICCN mulai tahun 2018. CCOP 1.0 dibuat khusus untuk membagi pengetahuan terkait pengelolaan pusat karir secarageneral, sedangkan CCOP 2.0 digunakan untuk memfasilitasi program pelatihan Tracer Study dan User Survey bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pendirian pusat karir menjadi salah satu hal yang krusial dalam institusi perguruan tinggi untuk mempertemukansupplydan demand”. Ungkapanya

Sementara Menurut Kemenristek DIKTI “ada sekitar 4300 perguruan tinggi di Indonesia, namun yang memiliki pusat karir hanya ada 550 perguruan tinggi saja. Jumlah itu, sekitar 100-200 pusat karir yang aktif mengembangkan kegiatan dan layanannya secara kontinu. Padahal, pusat karir memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam membantu mempertemukan alumni suatu perguruan tinggi dengan perusahaan atau pasar kerja di Indonesia,” imbuhnya.

Pada ajang pertemuan tersebut turut hadir Septian Triadi Syahputra dari Pusat Karir Mahasiswa Dan Alumni (PKMA) UM Pontianak. Septian mengatakan bahwa “CCOP 1.0 menjadi salah satueventpelatihan yang akan membantu universitas dalam mendirikan ataupun mengelola pusat karir, sehingga memiliki kegiatan yang melembaga dan berkelanjutan. Ada 10 program yang dihadirkan dalam pelatihan ini. ke 10 program CCOP 1.0 antara lain terkait: layanan, proses bisnis di dalamnya, pengelola sekaligus pertemuan perusahaan danjobseeker, pengelola sistem IT dan sosial medianya, pengelolacareer fair, dan sebagainya. Semua akan dibahas di CCOP 1.0. Adapun yang boleh mengikuti kegiatan tersebut adalah semua Staff dan akademisi perguruan tinggi, baik pusat karir yang sudahestablished, maupun praktisi/konselor yang baru akan mendirikan pusat karir.” ujar septian.

Meski begitu, Sekretaris Pusat Karir UM Pontianak ini menekankan bahwa tidak ada standardisasi pusat karir yang ditawarkan oleh ICCN dalam mengelola pusat karir di setiap universitas di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa setiap pusat karir berjalan sesuai karakteristik universitasnya masing-masing.

Perguruan tinggi di Indonesiabentuknya beragam ada yang universitas, institut, politeknik, dan akademik. Beberapa ada yang sudahwell established,namun tidak sedikit juga yang belum berkembang sama sekali. Di sisi lain, mendirikan pusat karir akan sangat tergantung dari kesiapan pengelola perguruaan tingginya masing-masing. Karena itulah, pada CCOP 1.0, kita tampilkanbest practice dari beberapa perguruan tinggi yang telah mumpuni dalam mengembangkan layanan pusat karirnya. Diharapkan, nantinya teman-teman peserta CCOP 1.0 akan bisa belajar mengembangkan pusat karir sesuai dengan spesifikasi atau karakteristik perguruan tingginya masing-masing,” ujarnya septian.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran