Pengembangan Karakter Individu Penggiat Anti Narkoba Abrori / 21-Sep-2018 22:09:21

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kubu Raya mengadakan kegiatan bimbingan teknis bagi pegiat anti narkoba bidang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran gelap Narkoba (P4GN). Kegiatan berlangsung selama dua hari yang dilaksanakan di Gardenia Hotel dari tanggal 17-18 September 2018 dihadiri 30 peserta dari berbagai Kecamatan di Lingkungan Kabupaten Kubu Raya.

W. Iwansyah, S.Pd., SKM.,MAP  Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Kubu Raya, menuturkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan hasil rekomendasi dari survei, yang menyatakan bahwa Kubu Raya diperlukan banyak pegiat anti narkoba mengingat Kubu Raya suatu daerah yang bisa menjadi sasaran peredaran gelap narkoba. Maka pihaknya menggelar Pelatihan Penggiat Anti Narkoba pada Lingkungan Pendidikan dan pemuda.

Ada beberapa materi yang diberikan pada kegiatan tersebut antara lain dasar-dasar rehabilitasi yang disampaikan oleh Bapak Wahyu Kurniawan, SKM.,M.Kes dari BNN Provinsi Kalimantan Barat. Beliau menyampakain bahwa “Rehabilitasi narkoba terdiri dari tiga tahapan, yakni tahap rehabilitasi medis (detoksifikasi), tahap rehabilitasi sosial atau nonmedis, dan tahap bina lanjut. Seluruh tahapan ini idealnya dilakukan di bawah pengawasan konselor. Tempat rehabilitasi pun harus mengantongi izin dari Kementerian Kesehatan atau Kementerian Sosial. Namun perlu dipahami, tidak ada satu metode standar atau jenis pengobatan yang lebih efektif dari yang lain. Sebab karakter pecandu berbeda-beda. Ada yang gampangdown, dan keras kepala. Apalagi proses melepaskan diri dari narkoba untuk penggunanya tidaklah mudah. Agar seluruh proses rehabilitasi bisa berhasil, dukungan keluarga dan lingkungan sangat dibutuhkan. Mereka akan terdorong untuk mengikis keinginan kembali menggunakan narkoba”. terangnya

Sementara Abrori, M.Kes dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi dengan tema “pengembangan karakter individu sebagai penggiat anti narkoba. Tema tersebut membahas tentang bagaimana mengenal kekuatan diri dan mampu mengendalikan diri. Ini dengan tujuan menjadi pribadi yang tangguh, percaya diri dan melayani, sehingga dapat membantu BNN dalam memberantas narkoba di masyarakat. Mengingat saat ini peredaran narkoba di kabupaten/kota bahkan sampai ke pelosok desa. Keterlibatan pelajar dan pemuda dalam penyalahgunaan narkoba menjadi hal yang sangat penting. Hal itu, dikarenakan angka penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar dan mahasiswa diKabupaten Kubu Raya menjadi perhatian.

Diharapkan peserta menjadi Penggiat Anti Narkoba yang bisa mewakili dari Forum Organisasi Masyarakat yang Inovatif, bekarya dan memberikan Informasi dan Edukasi Kepada Masyarakat.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran