Menyiapkan Slide

Menyelamatkan Lingkungan dengan Energi terbarukan dalam Persepektif Islam Abrori / 19-Sep-2018 10:09:34

Energi terbarukan merupakan energi yang berkelanjutan. Hal yang menyebabkan manusia mencari dan meneliti akan energi terbarukan ialah karena sumber daya alam yang berasal dari bumi menyebabkan kerusakan akan lingkungan. Contoh dari kerusakan yang ditimbulkan ialah penggunaan batu bara yang menyebabakan adanya polusi udara karena pembakaran batu bara tersebut.

Salah seorang peserta pertemuan yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa ”Energi alam merupakan suatu bagian kehidupan yang memiliki batas karena keterbatasan sumber daya alam yang ada. Kebutuhan akan energi alam yang terbatas tersebut memaksa manusia untuk mencipta dan memprakarsai ide-ide yang ada untuk dapat membantu manusia memenuhi akan energi tersebut melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Terbukti kebutuhan akan energi alam yang semakin tinggi mengakibatkan persediaan akan energi yang berasal dari alam semakin menipis. Cadangan dari persediaan yang ada hanya terdapat 7,99 milyar barel, dan produksi yang ada akan minyak bumi tersebut hanya 0,36 milyar barel per tahun, sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa minyak bumi yang ada di Indonesia akan habis dalam kurun waktu 22 tahun”. Terangnya

Lebih lanjut beliau mengatakan “yang dimaksud energi terbarukan adalah energi biomassa, biodiesel, bioethanol dan sejenisnya. Semuanya juga bisa dihasilkan oleh pohon kayu yang hijau atau dari buahnya. Kalau kita dalami sedikit mengapa petunjuk Al-Qur’an tersebut bisa valid sepanjang masa, sementara ilmu pengetahuan dan peradaban manusia silih berganti ? Ini adalah bukti bahwa Al-Qur’an datangnya dari Yang Maha Tahu, dia membahas sesuatu yang hak sepanjang jaman. Maka dengan petunjuk Al-Qur’an, dilengkapi dengan contoh soal untuk mengatasi konflik kepentingan antara pangan dan energi – umat ini mestinya bisa secara leluasa meng-eksplorasi berbagai sumber energi terbarukan itu, tanpa harus kawatir akan mengorbankan kepentingan yang lebih besar yaitu masalah pangan".

Kebutuhan akan energi tersebut menjadikan adanya gerakan yang dilakukan oleh sumber daya manusia yang berkompeten di bidang tersebut untuk membuat energi terbarukan guna menggeser kedudukan dari penggunaan yang vital akan energi yang tidak dapat diperbaharui.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran