Mahasiswa Baru, Pasanglah Target yang Kuat Abrori / 18-Sep-2018 08:09:13

Awal tahun akademik baru kampus UM Pontianak, sudah dimulai. Hal rutin yang dilaksanakan adalah masa orientasi terhadap mahasiswa baru. Pada tataran universitas diperkenalkan satu-per-satu seluruh pejabat baik universitas, fakultas, program studi dan prestasi-prestasinya. Sedangkan pada tataran fakultas masing-masing acaranya berbeda. Salah satunya Fakultas Ilmu Kesehatan. Bentuk penyambutan mahasiswa baru dengan melakukan kegiatan Pendalaman Akademik dan Ke-Muhammadiyahan (PAK). Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 2 hari yaitu Jum`at dan Sabtu, atau lebih tepatnya 14-15 September 2018.  Acara diikuti 2 program studi yaitu prodi Kesehatan Masyarakat dan Psikologi. Adapun peserta yang mengikuti dari kelas Kesmas Reg A sejumlah 125 mahasiswa, kelas Psikologi sejumlah 55 mahasiswa, dan klas Kesmas alih jenjang 33 mahasiswa. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah menciptakan bina suasana kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Fikes.

Acara ini dikemas dengan kegiatan training motivasi dengan tema “Sukses Kuliah Tepat Waktu dan Aktif Berorganisasi” yang disampaikan oleh personal trainer Dr. H. Chaerul Fuad, M.Kes dengan moderator dosen Psikologi Riszky Ramadhan, MA. Selain itu juga diberikan materi lainnya terkait sosialisasi visi misi oleh Dekan Fikes UM Pontianak, Etika Busana dan Kemahasiswaan oleh Wakil Dekan serta Sistem perkuliahan dan kurikulum oleh Ka. Prodi Kesmas Abduh Ridha, MPH dan Sri Nugrohojati, M.Psi Psikolog. Tidak hanya para dosen yang hadir dan ikut mengsukseskan kegiatan tersebut juga hadir perwakilan dari IMM komisariat Fikes dan BEM Fikes UM Pontianak.

Salah seorang anggota BEM yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan “kegiatan seperti ini sangat penting mengingat kehidupan mahasiswa berbeda dengan di SMA. Ini biar tidak merasa kaget dengan perbedaan yang ada, antara pembelajaran di SMA dulu dengan pembelajaran saat kuliah. Tetapi tenang, lambat laun akan mulai terbiasa kok. Nah, sebagai mahasiswa baru, tentunya akan menghadapi yang namanya kuliah perdana atau kegiatan PAK”. Terangnya

Ketika pemahaman PAK itu disalahartikan, tidak heran calon-calon intelek itu akan kehilangan semangat. Mereka akan berpikir bahwa kegiatan PAK itu hanyalah tempat berkumpul bersama teman, bercerita, dan saling bertukar pengalaman. Semua itu akan berdampak bagi cepat lambatnya kelulusan mahasiswa itu sendiri.

Penting, bagi mahasiswa-mahasiswa baru, pasanglah target yang kuat. Tanpa target maka proses perkuliahan hanyalah sebatas pertemuan biasa yang tidak ada artinya. Bulatkan tekat bahwa menjadi mahasiswa harus menghasilkan penemuan-penemuan terbaru. Sikap seperti itu apabila tertanam kuat kelak menghasilkan buah yang manis.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran