Menyiapkan Slide

Antusiasme Mahasiswa Baru UM Pontianak dalam PAK Abrori / 16-Sep-2018 17:09:03

PONTIANAK-Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisinis (BEM FEB) UM Pontianak mengadakan Pembinaan Akademik dan Ke-Muhammadiyahan (PAK). Acara dilaksanakan di Aula UM Pontianak, pada Jumat (14/09). PAK untuk Mahasiswa Baru FEB Tahun Akademik 2018/2019 diadakan dari pukul 08.00 – 16.30 WIB. Acara tersebut dihadiri sejumlah 201 mahasiswa baru. Mereka akan mendapatkan pengarahan dan materi terkait lingkungan dan organisasi-organisasi baik intra maupun ortonom yang berada di lingkungan kampus khususnya FEB UM Pontianak.

Bapak Samsuddin, SE., M.Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Pontianak menyampaikan materi dengan tema “Pendidikan Perguruan Tinggi di Indonesia, persiapan penyesuaian diri di Perguruan Tinggi, dan prospek peluang kerja lulusan Perguruan Tinggi”. Beliau mengenalkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dari berbagai kota di Indonesia, struktural Universitas, Fakultas, dan Prodi yang berada di UM Pontianak. Tidak hanya itu saja, beliau menjelaskan perangkat perkuliahan kepada mahasiswa seperti sistem SKS, KRS, system perkuliahan yang terdiri dari kegiatan akademik dan kegiatan non-akademik. Beliau menekankan bahwa kegiatan non-akademik seperti kegiatan organisasi (BEM, IMM dan UKM Seni),  kuliah kewirausahaan dan kuliah kerjausaha (KKU) juga penting untuk meningkatkan soft skill yang akan menunjang pengalaman dalam dunia kerja.

PAK  merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh fakultas bekerjasama dengan BEM, KSPM, dan IMM sebagai panitia pelaksananya. Kegiatan ini bertujuan sebagai pengantar mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus terutama dalam bidang akademik dan bagaimana perilaku mahasiswa selama di kampus.

“Persiapan kegiatan PAK dilakukan dalam waktu 3 hari sebelumnya, termasuk pembetukan kepanitiaan dan rapat dengan fakultas terkait biaya, sedangkan untuk rundown acara sudah disiapkan langsung oleh fakultas. PAK dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi yang dikuti oleh mahasiswa reg A dan PAK malam yang diikuti oleh mahasiswa reg B,” ujar Sigit Wijanarko, Ketua panitia PAK sekaligus anggota BEM FEB.

Kegiatan PAK diharapkan dapat membantu memberikan gambaran umum bagi mahasiswa baru tentang apa yang akan dihadapi ketika nanti menjadi mahasiswa, proses pengenalan yang dilakukan oleh para senior dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa baru untuk ikut aktif dalam kegiatan organisasi.

Liana, mahasiswa baru jurusan manajemen yang berasal dari Kapuas Hulu menuturkan bahwa ia mengambil jurusan manajemen di UM Pontianak dikarenakan dua hal; pertama karena ia bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha; kedua ia ingin belajar lebih banyak dan mencari pengalaman selama menjadi mahasiswa. lebih lanjut dia mengatakan “ingin ikut tergabung dalam Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) dan juga BEM untuk dapat melanjutkan hobi bermain voli,” ujar Liana. Terakhir dia menambahkan bahwa acara PAK ini tersusun dengan baik dan rapi, serta panitianya menunjukkan kerjasama yang bagus dan juga disiplin waktu yang sangat baik. Selamat menjalankan peran dan amanat sebagai mahasiswa FEB UM Pontianak. Neila

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran