Menyiapkan Slide

KRAPUNG Abrori / 18-Jul-2018 15:07:08

Pada saat menjelang akhir tahun, para petani memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanaman jagung, untuk menyambut malam pergantian tahun. Banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencari jagung sampai ke daerah Rasau Jaya, sehingga banyak sekali tongkol jagung yang terbuang sia-sia begitu saja pada saat malam pergantian tahun baru. Jagung merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang mempunyai peranan strategis dalam pembangunan pertanian dan perekonomian Indonesia karena memiliki potensi dalam kebutuhan pangan, pakan, bahan baku industry, dan kerajinan tangan.

Adapun tujuan dari Produk Krapung yang dihasilkan mempunyai manfaat dan kegunaan yaitu: pertama mengurangi limbah rumah tangga. Kedua meningkatkan inovasi dalam menemukan hasil karya yang dapat digunakan. Dan ketiga sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Sumiati Hanjarvelianti ketua PKM mengatakan “Peningkatan produksi jagung tersebut perlu diimbangi dengan pemanfaatan yang optimal dari limbah yang dihasilkan seperti batang, daun dan tongkol jagung. Tongkol jagung merupakan limbah tanaman yang setelah diambil bijinya. Tongkol jagung tersebut umumnya dibuang begitu saja, sehingga hanya akan meningkatkan jumlah sampah. Sejauh ini peran masyarakat dalam pengelolaan sampah masih sangat kecil, tidak sedikit masyarakat yang belum mau peduli terhadap urusan sampah di lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu usaha untuk memancing inisiatif dan kreatifitas setiap individu yang ada di masyarakat dalam mengelola sampah menjadi barang baru, sehingga sampah-sampah tersebut tidak hanya dibuang ke tempat pembuangan sampah ataupun dibakar yang efeknya menyebabkan polusi udara”. Terangnya

Lebih lanjut mahasiswi Pendidikan Kimia tersebut mengatakan “peluang besar pemanfaatan tongkol jagung sebagai bahan baku produk cukup menarik untuk dikembangkan dalam hal mengurangi limbah. Pengembangan produk baru dapat memberikan nilai ekonomi jauh lebih tinggi dari pada diolah menjadi kompos, sehingga memberikan peluang usaha bagi industry kreatif. Seperti halnya limbah tongkol jagung yang kami sulap mempunyai nilai estetika dan dapat dijadikan kerajinan tangan seperti membuat kap lampu berbagai macam design”. Jelasnya

Pengenalan kerajinan tangan dari sampah bukanlah hal yang mudah karena perlu waktu untuk meyakinkan masyarakat bahwa kerajinan tangan yang mereka buat merupakan barang baru yang tidak jauh berbeda dengan barang buatan mesin. Mereka juga membuat kerajinan tangan yang berbeda dan dapat diterima di pasar. Untuk mempertahankan kelangsungan penjualan kerajinan tangan, berkembang dan memperoleh keuntungan, pihak unit bisnis harus melakukan salah satu fungsi pokoknya yaitu pemasaran.

Peluang bisnis pada Krapung (Kap Lampu Tongkol Jagung) sangat menjanjikan, karena limbah jagung ini banyak dibuang oleh masyarakat dan tidak banyaknya yang tahu cara memanfaatkan tongkol jagung tersebut.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran