Menyiapkan Slide

Olah Ikan, Berdayakan Masyarakat Kuala Secapah Mempawah Abrori / 18-Jul-2018 14:07:04

Kuala Secapah, Kabupaten Mempawah merupakan salah satu desa dengan sumber daya ikan melimpah. Kekayaan akan sumberdaya ikan ini dimanfaatkan warga setempat terutama para ibu rumah tangga untuk membuat olahan kerupuk yang renyah dan lezat. Mereka membuat kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan belasan orang untuk mengolah ikan biji nangka dan ikan puput menjadi kerupuk sebagai hidangan pelengkap disaat makan.

Melihat potensi tersebut UM Pontianak melakukan pendekatan kepada dua mitra desa dengan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Pendekatan tersebut terkait edukasi, pengadaan alat pendingin ikan serta alat pemotong kerupuk.

Eko Sarwono, ST, MT selaku ketua PKM dalam sambutannya mengatakan “bahwa dosen mempunyai tiga kewajiban yakni pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Program ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dosen menawarkan solusi terkait kendala dan masalah yang dihadapi di desa kuala secapah dalam memproduksi kerupuk ikan dibantu dalam memberikan jalan keluar agar jumlah produksinya meningkat sejalan dengan pendapatan masyarakat setempat.

Endang Sulastri selaku ketua Mitra Nusa Damai memaparkan “bahwa terdapat kendala dalam penyimpanan ikan dikulkas karena kapasitas jumlah ikan yang banyak, serta menghadapi kendala dalam pemotongan kerupuk yang masih manual sehingga terasa sukar dalam memotong kerupuk dalam jumlah yang banyak, keluhnya. Bantuan serta edukasi yang diberikan ini jelas sangat berguna bagi keberlangsungan produksi kami.” Paparnya

Hal serupa juga disampaikan oleh Maryati, ketua Mitra Sumber Rejeki, “dengan bantuan freezer akan sangat membantu kami dalam menyimpan ikan sehingga tidak mudah busuk”. Pelatihan Keterampilan dalam mengolah ikan tidak hanya berupa olahan kerupuk saja melainkan pengembangan produksi olahan ikan. Tidak hanya itu, packing product juga dikemas dengan kemasan yang menarik serta izin PIRT dan BP POM sehingga industri rumah tangga ini aman dan dapat didistribusikan secara luas.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran