KIE Pendidikan Seksualitas Pada Remaja Pondok Pesantren Hidayatul Muslimin Abrori / 17-Jul-2018 21:07:22

Keterpaparan informasi tentang kesehatan reproduksi khususnya mengenai pendidikan seksualitas pada remaja pondok pesantren sangat penting. Karenanya tim Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Kesehatan Masyarakat UM Pontianak bekerjasama dengan Madrasah Ulya Hidayatul Muslimin 1 mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat bertemakan “Komunikasi, Informasi dan Edukasi(KIE) Pendidikan Seksualitas Pada Remaja Pondok Pesantren Hidayatul Muslimin 1 Kubu Raya”.

Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Pada Masyarakat Edi, mengatakan “kegiatan ini mampu memberikan tambahan informasi kepada santri serta pihak pondok pesantren akan pentingnya kesehatan reproduksi. Keberadaan remaja di pondok pesantren memiliki peran penting sebagai agen perubahan (roll model) dalam lingkungan masyarakat.  Sehingga perlu adanya upaya sebuah program yang dapat meningkatkan  pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi, yang belum sepenuhnya didapatkan baik dari pelayanan kesehatan, orang tua dan lingkungan tentang pendidikan seksualitas di pondok pesantren. Pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi yang ditujukan untuk menciptakan remaja yang berkualitas baik dalam jumlah (kuantitas) yang tersebar merata dan mutu (kualitas) yang memadai, dalam upaya peningkatan remaja peduli kesehatan reproduksi, agar remaja terhindar dari kehamilan yang tidak dinginkan (KTD) serta risiko masalah kesehatan reproduksi lainnya.”

Sementara Kepala Sekolah Madrasah Ulya Hidayatul Muslimin 1 Bpk. Ust. Mikail Basmalah, BA mengatakan “kepada santri putra dan putri agar dapat menjaga fungsi organ masing-masing individu. Mengingat pembelajaran tentang seksualitas tidak didapatkan di pondok melainkan dalam kegiatan inilah kesempatan kalian untuk belajar bersama Tim pengabdian kepada masyarakat dalam mengetahui fungsi-fungsi organ reproduksi untuk masa yang akan datang. Jika ada perubahan-perubahan yang terjadi pada diri kalian tidak perlu ada kekhawatiran karena dengan hadirnya kakak-kakak mahasiswa kita akan lebih mendapatkan informasi yang jelas mengenai pendidikan seksual”. Ujarnya

Aspek-aspek yang mempengaruhi seksualitas manusia, Perkembangan seksualitas laki-laki, dari anak-anak hingga menjadi orang dewasa, dan Perkembangan seksualitas perempuan, dari anak-anak hingga menjadi orang dewasa diakhir kegiatan dinamika kelompok peserta diajak terlibat bermain ular tangga seksualitas yang salah salu merupakan produk pkm-pengabdian pada masyarakat pelatihan ini juga tentunya dibagi menjadi dua dan untuk santri putri akan dipandu tim PKM yaitu Jesika dan Reni Novia.    

 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran