Menyiapkan Slide

UM Pontianak mengikuti sosialisasi SISTER se Kalimantan Barat Abrori / 12-Jul-2018 14:07:41

Koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) menggelar kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintergrasi penulis singkat dengan (SISTER) untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se Kalimantan Barat. Kegiatan ini merupakan lanjutan sosialisasi yang telah dilakukan dibeberapa Kopertis di Indonesia.

SISTER adalah sistem yang adalah solusi. Mengingat repetisi pengisian aplikasi dengan data yang sama ini kerap dihadapi oleh seorang dosen. Tidak hanya itu, banyak persoalan yang dihadapi oleh dosen dari mulai, ketiadaan data, menyita waktu tetapi juga mengganggu pekerjaan seorang dosen yang memang sudah tentu banyak. SISTER setidaknya mampu menjadi portal yang digunakan pada berbagai proses layanan dengan menyediakan data dosen.

Sebelumnya Kementerian Ristekdikti telah mempunyai Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau yang lebih dikenal dengan sebutan PDDIKTI. Adanya SISTER bukan menggantikan PDDIKTI, namun menambah khasanah data pendidikan tinggi yang ada saat ini. Apa yang belum ada di PDDIKTI akan dilengkapi dan disempurnakan di SISTER, begitupun sebaliknya.

SISTER adalah sebuah sistem yang di-launching pada tahun 2017. sistem ini memiliki berbagai manfaat, baik bagi dosen maupun PT maupun pengambil kebijakan dalam hal kementrian. SISTER mampu mengakomodasi berbagai aktivitas kinerja yang memungkinkan setiap layanan saling terhubung satu sama lain, sehingga dapat memperkaya portofolio dosen dan mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir dosen. Sedangkan bagi PT, mempercepat pengambilan kebijakan serta basis data akreditasi lembaga dengan memanfaatkan data yang terhimpun di dalam SISTER.

Sekretaris Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti, menerangkan “bahwa dosen berhak memiliki akses terhadap data mereka. SISTER mengajak dosen untuk ikut bertanggung jawab atas data diri yang mereka inputkan ke dalam sebuah sistem. Sedangkan Perguruan Tinggi (PT) berperan sebagai validator. Pada akhirnya, SISTER akan menjadi portofolio bagi tenaga pendidik di Indonesia. Data yang diinput oleh dosen membantu Kementerian dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan di Bidang Sumber Daya Pendidikan Tinggi dan Iptek, serta memfasilitasi penjaminan mutu Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana Iptek”. Terangnya

Lebih lanjut, Sekretaris Ditjen mengungkapkan bahwa tidak ada sistem yang sempurna, selalu ada pengembangan dan perbaikan. Perbedaan pendapat menjadi hal yang lumrah, namun Ia mengajak semua pihak untuk berpikir rasional dan memahami hambatan yang akan dilalui. Pemerintah membutuhkan dukungan dari semua pihak agar visi dan misi yang telah direncanakan dapat tercapai.

Dalam sambutannya Prof Idianoor Mahyudin yang juga Koordinator Kopertis Wilayah XI mengatakan “pihaknya akan memberi penghargaan bagi PTS yang berhasil mendampingi PTS lainnya, dalam sistem gerakan gotong royong terakreditasi untuk akreditasi”.

Sementara M. Komarudin narasumber sosialisasi “mengatakan SISTER ini merupakan tracking seorang dosen terkait data dokumentasi pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Pasalnya mulai bulan Juli 2018 sistem kenaikan pangkat dari Lektor ke Lektor Kepala akan mulai menggunakan layanan SISTER. Oleh karena itu, bagi dosen yang belum memasukan datanya harap segera diselesaikan. Terhitung bulan Juli 2018 sistem kenaikan pangkat dari Lektor ke Lektor Kepala akan mulai menggunakan layanan SISTER. Oleh karena itu, bagi dosen yang belum memasukan datanya harap segera diselesaikan.

Dari UM Pontianak yang mengikuti kegiatan sosialisasi antara lain Wakil Rektor II, Penjamin Mutu, Dekan Fikes, Kepala Urusan SDM, Staf BAU, operator PD Dikti dan Infokom.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran