Pembekalan KKU Bagi Mahasiswa UM Pontianak Tahun 2018 Abrori / 01-Jul-2018 16:07:03

Perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan memiliki sumberdaya manusia yang mampu memberikan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah.Hal ini, sesuai dengan mandat utama perguruan tinggi di Indonesia yaitu memberi nilai tambah dan mengabdi untuk masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Selain itu peran dan tugas pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang kemasyarakatan yaitu dharma ketiga “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Salah satu wadah dharma yang dimaksud adalah kegiatan Kuliah Kerja Usaha (disingkat KKU) yang secara integral merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa tingkat strata S1 sesuai dengan kurikulumnya.

Melalui KKU/KKN-PPM, mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan IPTEKS. Kegiatan KKU/KKN-PPM juga diharapkan menjadi pendorong pengembangan riset terapan secara mutualistik dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat serta mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa. Bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat, kegiatan KKU/KKN-PPM dapat membantu percepatan proses pembangunan. Karenanya penting mahasiswa diberikan pembekalan guna menjawab hal tersebut di atas. Kegiatan pembekalan ini mengangkat tema “Pembekalan Kuliah Kerja Usaha (KKU) Bagi Mahasiswa UM Pontianak Tahun 2018”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula UM Pontianak, diikuti 640 peserta KKU.

Pada pembekalan kali ini menghadirkan narasumber Yusran Anizam, S.Sos, M.Si dari Pemda Kubu Raya, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor 1, panitia KKU (Dedi Hariyanto, Ismael Saleh) dan Edy Suryadi selaku ketua LPPM UM Pontianak. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa KKU di setiap masing-masing daerah yang dipilih.

Yusran Anizam, S.Sos, M.Si dari Pemda Kubu Raya dalam sambutannya mengatakan bahwa Kubu Raya adalah Kabupaten yang mempunyai potensi yang cukup banyak untuk dikembangkan dari sumber daya alam. Namun pada sisi lain mempunyai persoalan Indeks Pembangunan Manusia yang masih di bawah Nasional. Ini semua tantangan yang perlu mahasiswa ketahuai.

Heriansyah, SH., SHI., M.Pd dalam sambutannya mengatakan “Saya berharap kalian memanfaatkan KKU ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai kalian mengambil KKU yang berulang-ulang, karena biaya dan waktu yang kalian keluarkan luar biasa besarnya. Saya tidak ingin kalian tidak lulus mata kuliah ini hanya gara-gara kesalahan dari kalian sendiri. Untuk itu, anda harus mengikuti seluruh kegiatan ini secara serius”. Jelasnya.

Edy Suryadi, SE, MM mengatakan “ada 6 tema agar program kita tercapai. Pertama, Ekonomi kreatif. Kedua, Pendidikan, Sosial dan Budaya. Ketiga, stunting, sanitasi, kesehatan lingkungan. Keempat, keagamaan. Kelima teknologi tepat guna. Keenam, pelestarian lingkungan hidup”. Jelasnya

Sementara Dedi Hariyanto selaku ketua KKU melaporkan ada beberapa hal yang berbeda dalam pelaksanaan KKU TA. 2017/2018 dengan pelaksanaan KKU pada tahun sebelumnya. Adapun perbedaannya; Pertama, ada 6 pola KKU yaitu; KKU Reguler, KKU Kepegawaian, KKNPPM, KKU MU, KKU DIK, KKU PM (4 dari 6 yang di pilih mahasiswa). Kedua, pembekalan di bagi 2, Pagi 31 kelompok dan siang  27  kelompok. Ketiga, peserta KKU berjumlah 640  orang terdiri dari 253 laki-laki dan 387 perempuan. Keempat, lokasi KKU di Kabupaten Kubu Raya 53 kelpompok, Kabupaten Melawi 1 kelompok, Kabupaten Sanggau 1 kelompok, Kabupaten Mempawah 1 kelompok, Kabupaten Sintang  4 kelompok dan magang di 11 Instansi Pemerintah dan Swasta di kota Pontianak. Kelima, peserta KKU terdiri dari FEB 311, Fikes 139, FKIP 74, Teknik 63, PAI 28 dan Perikanan 25. Keenam, jumlah DPL 21 orang dosen. Ketujuh, KKU dilaksanakan pada tanggal 28 Juli – 16 September 2018”. Jelasnya

Ismael Saleh berpesan “ada 2 indikator KKU dikatakan sukses. Pertama, masyarakat akan menangis karena berpisah dengan kalian. Kedua, program kalian terus berjalan meskipun sudah kalian tinggalkan”. Jelasnya

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran