UM Pontianak Perkuat Kerja Sama dengan Universitas Taiwan Abrori / 30-Jun-2018 22:06:00

Sebagai tindak lanjut dari dari penandatanganan naskah kerja sama atau Memorandum Of Understanding (MoU) dengan beberapa universitas Taiwan, UM Pontianak melalui Kantor Urusan Internasional kembali berpartisipasi dalam Signing MoU and Mapping Collaboration antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan 6 kampus dari Taiwan. Acara yang mengusung tema “Strengthening Muhammadiyah Universities and Taiwan Universities” berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada Selasa, 26 Juni 2018. Turut hadir dalam agenda tersebut 28 PTM, Sekolah Tinggi Muhammadiyah se Indonesia, Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof Lincolin Arsyad dan Prof Edy Suandi Hamid. Rangkaian kegiatan ini terdiri atas penandatanganan MoU bagi beberapa PTM, Sekolah Tinggi Muhammadiyah dan pemetaan kerja sama PTM dengan universitas dari Taiwan.

Mengawali sambutannya, Prof Hsieh Nan Chen, Rektor National Taipei University of Nursing and Health Sciences mengatakan bahwa kegiatan MoU merupakan wadah bagi perkembangan kerja sama antara Indonesia dan Taiwan. Ia menuturkan bahwa kegiatan Signing MoU and Mapping Collaboration itu menjadi sarana untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Taiwan dalam hal industi bidang kesehatan. Pada akhir sambutannya, beliau berharap akan banyak kerja sama yang terjalin antara PTM Indonesia dengan universitas Taiwan di masa mendatang.

Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof Lincolin Arsyad menjelaskan bahwa “pertemuan itu sangat berarti guna membangun kepercayaan, melakukan pemetaan kerja sama internasional yang lebih intensif, bermanfaat dalam mempercepat pertukaran tenaga pendidik, mahasiswa, kerja sama riset, dan beberapa program lain yang mendukung berkembangnya PTM di Indonesia. Pertemuan ini sangat membantu mendorong percepatan, penguatan, serta upaya internasionalisasi PTM agar siap bersaing dengan PT asing,” ungkapnya.

Beberapa universitas Taiwan yang hadir di antaranya, National Taipei University of Nursing and Health Sciences, Kang Ning University, Fooyin University, Chung Hwa University, dan Chiang Nan University. Pada agenda itu UM Pontianak menyepakati untuk melakukan kerja sama seperti Scholarship for Undergraduate Program 2+2, mahasiswa untuk program sarjana akan belajar 2 tahun di UM Pontianak dan 2 tahun di Kang Ning University. Terdapat juga Summer Program yang akan berlangsung di Ntunhs selama 2 minggu, Student Internship di Chung Hwa University, Joint Research Program untuk dosen dan mahasiswa dengan Ntunhs dan Kang Ning University, Joint Conference dengan Kang Ning dan Ntunhs, Program KKN Internasional terkait Promosi Kesehatan dengan Kang Ning University, dan Koordinasi Program Penelitian dengan Fooyin University (Zet).

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran