Menyiapkan Slide

Dosen UM Pontianak Pelatihan Pembuatan Soal Standar Uji Kompetensi Abrori / 03-May-2018 07:05:45

Pelatihan pembuatan soal standar uji kompetensi ahli Kesehatan Masyarakat untuk Dosen. kegiatan ini merupakan upaya standarisasi dalam pembuatan soal. Setidaknya soal yang akan dibuat mendekati uji komptensi. Adapun Fasilitatornya  adalah dr. yulherina, MKM dari Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan (LPUK-Nakes). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen di lingkungan prodi kesehatan masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak. Acara dilaksanakan di Aula Lt III Kampus UM Pontianak Jln A Yani111. Pelatihan ini diagendakan selama dua hari tanggal 30 April sampai 1 Mei 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fikes UM Pontianak

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam membuat dan mereview soal sesuai dengan standar uji kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat.

Dr. Linda Suwarni, SKM.,M.Kes. dalam sambutannya beliau mengatakan “kegiatan ini sangat membantu para dosen guna membiasakan mahasiswa dengan soal-soal sesuai standar uji kompetensi. Harapaannya setelah mengikuti pelatihan ini para dosen bisa mempraktekannya pada ujian akhir semester dengan bentuk soal yang sudah dilatih ini, tidak hanya itu saja lebih lanjut pelatihan ini adalah untuk menstandarkan dosen dalam pembuatan soal-soal ujian kedepannya”.        

Sementara Abduh Rida, SKM.,MPH  menyambut baik kegiatan ini setidaknya soal-soal ujian akhir semester ini sudah mulai seragam atau standar uji kompetensi. Hal ini dilakukan agar peserta didik nantinya terbiasa dengan menghadapi soal-soal standar uji kompetensi.

Uji kompetensi ini dilaksanakan dalam rangka penerapan sistem penjaminan mutu internal khususnya mutu lulusan. Oleh karena itu, dilakukan standarisasi dengan uji kompetensi, dengan mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Hal ini setidaknya sesuai dengan standar yang diharapkan oleh Kemenkes Republi Indonesia, bahwa setiap tenaga kesehatan yang bekerja di Indonesia harus teregistrasi yang ditunjukkan dengan Surat Tanda Registrasi (STR), dan uji kompetensi ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan STR.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran