Menyiapkan Slide

Teknologi Pengembangan Media Komunikasi Kesehatan Abrori / 26-Apr-2018 19:04:28

Perkembangan teknologi mempengaruhi perkembangan proses pembelajaran terutama sistem panyampaian melalui pemanfaatan beragam media generasi baru. Dukungan teknologi memungkinkan aktivitas pembelajaran otentik. Meskipun dimediasi menggunakan teknologi. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan. Pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri.

Abduh Ridha, SKM.,MPH selaku Ka Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak dalam sambutannya mengatakan ”mata kuliah teknologi pengembangan media promosi kesehatan akan menjadi andalan bagi mahasiswa peminatan PKIP prodi Kesehatan Masyarakat, karena kedepan promosi yang dikembangkan adalah teknologi kekinian. Ketrampilan inskcape, Video Fotografi dan editing video akan menjadi ketrampilan anda” selamat mengikuti perkuliahn semoga bermanfaat.  

Abrori, M.Kes selaku dosen pengampu mata kuliah mengatakan “tujuan pembelajaran mata kuliah teknologi pengembangan media komunikasi kesehatan adalah memberikan beberapa ketrampilan pada mahasiswa antara lain: Inkscape (Inskscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS),  videografi dan editing videografi, guna kepentingan promosi kesehatan kedepannya”

Fatimah salah satu mahasiswi yang mengambil mata kuliah teknologi pengembangan media komunikasi kesehatan mengatakan” Alhamdulillah proses belajar tadi sangat bagus. Karena langsung kita yang praktek”.

Sementara Primasyah berujar “Berharap mata Kuliah di Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilku (PKIP), banyak prakteknya kayak perkuliahan tadi pak, banyakin praktek.

Domika sependapat dengan teman-temanya. Dia menambahkan “untuk sesi perkuliahan tadi menurut saya sangat bagus pak, tidak menoton seperti perkuliahan di kelas, dan bagi saya mudah di mengerti karena langsung dipraktekan”

Sedangkan Icha Witriani “mata kuliah yang tadi diajarkan itu seru pak, asik, nambah pengalaman, nambah ketrampilan, lucu dan tidak bikin bosan , dijamin tidak ngntuk”

Teknologi memfasilitasi proses belajar apabila pendidik memiliki paket pengetahuan dalam integrasi teknologi. Proses pembelajaran abad XXI akan banyak memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti web base learning, e-learning, multimedia interaktif, hypermedia, virtual reality, dan sebagainya. Dosen tidak cukup menjadi professional teaching, namun professional learning yang terus mengembangkan diri dan orientasinya agar mahasiswa menjadi professional learning.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran