Menyiapkan Slide

Pelatihan Pembuatan Buku Ajar untuk Dosen UM Pontianak Abrori / 25-Apr-2018 23:04:17

Lembaga Penjamin Mutu UM Pontianak baru-baru ini mengadakan pelatihan penulisan bahan ajar bagi dosen. Kegiatan ini semata guna meningkatakan gairah belajar mahasiswa. Tidak hanya itu saja pelatihan ini dipergunakan guna meningkatkan mutu perkuliahan, yang menarik dan tentu mahasiswa mendapatkan manfaat nyata, sehingga mereka mencintai pengetahuan, ilmu, budaya dan bersemangat untuk terus belajar. Pengajaran yang menarik adalah kekinian. Karenanya dosen dituntut untuk kreatif, inovatif, dan selalu menghasilkan karya baik berupa diktat, kumpulan soal, kumpulan bacaan, buku ajar maupun modul. Kegiatan ini mengangkat tema “Pelatihan Pembuatan Buku Ajar Untuk Dosen Universitas Muhammadiyah Pontianak”. Kegiatan ini dihadiri 86 dosen UM Pontianak dan dilaksanakan di Aula lantai III UM Pontianak jalan A Yani 111 Pontianak.

Pembicara dalam pelatihan ini adalah Prof. Dr. Ir. Sukendi, MS dari Universitas Riau. Turut dihadiri dalam kegiatan ini Wakil Rektor 1 dan 2, ketua LPPM, para Dekan dan Wakil dekan, Kaprodi serta seluruh Dosen di lingkungan UM Pontianak.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih para dosen tentang cara pembuatan buku ajar mulai dari konsep sampai cara menulisan dengan ejaan yang disempurnakan (EYD), serta konsultasi bagi dosen yang sudah mempunyai buku ajar mengenai kebutuhan untuk melengkapi buku ajar.

Wakil Rektor I UM Pontianak Heriansyah, SH, SHi, M.Pd dalam sambutannya mengatakan “Beberapa tahun lalu kita sudah melaksanakan kegiatan pembuatan buku bahan ajar, hanya saja memang dampak atau hasil dalam pelatihan belum kita evaluasi lebih lanjut. Secara kasat mata ketika kita melakukan akreditasi Institusi maupun prodi, mengenai buku ajar yang ada di kampus UM Pontianak jumlahnya sangat minim, baru kita ketahui hanya dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Harapan saya, harusnya satu dosen memiliki satu buku ajar, lebih baik lagi kalau dia memegang 2 atau 3 mata kuliah dia bisa mempunyai 3 buku ajar untuk masing-masing mata kuliah. Kalau dibandingkan dengan perguruan lain, kita masih tertinggal di dalam pembuatan buku ajar ini, sehingga apa yang dilakukan Lembaga Penjaminan Mutu menjadi motivasi bagi kita sebagai dosen untuk membuat karya-karya akademik salah satunya buku ajar”. Jelasnya

Prof. Dr. Ir. Sukendi, MS mengatakan “Saya akan memberikan teknik pembuatan buku ajar. Buku ajar merupakan kewajiban yang harus dimiliki bagi seorang dosen bukan lagi kewajiban tetapi harus ada. Sebab jika kita malakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setidaknya kita bisa membuat buku ajar, karena hal itu dari proposal yang di perbaiki lagi menjadi buku ajar”. Jelasnya kontributor Henri

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran