Menyiapkan Slide

Selly Novira Masuk 5 Besar Pilmapres Abrori / 10-Apr-2018 20:04:58

UM Pontianak patut bergembira karena salah satu perwakilannya dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) berhasil masuk lima besar Tingkat Kopertis Wilayah XI Kalimantan. Pilmapres adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah XI Kalimantan yang bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai indikator kinerja Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi.

Berdasarkan sumber yang Infokom UM Pontianak kumpulkan dari Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan bahwa Peningkatan jumlah mahasiswa berprestasi tersebut salah satunya didukung melalui kegiatan Pilmapres. Dikatakan bahwa “Pilmapres telah dimulai sejak tahun 1986 dalam pelaksanaannya Pilmapres mengalami pasang surut termasuk pergantian nama atau istilah dan akronim. Penggunaan istilah pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dimulai tahun 2004 yang kemudian pada tahun 2017 dimulai dengan akronim Pilmapres. Selain itu, diharapkan proses pemilihan ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi”. Begitu penjelasannya.

Lebih lanjut pada tahun ini Pilmapres mengangkat tema “Sustainable Development Goals”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam dua kategori pemilihan, yaitu Pilmapres Program Sarjana dan Pilmapres Program Diploma. Pada Acara ini juga, diikuti oleh 16 perwakilan mahasiswa berprestasi dari 16 PTS yang ada di lingkungan Kopertis Wilayah XI. Salah satunya dari UM Pontianak

Sementara itu, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XI Kalimantan M Akbar di Banjarmasin pada Selasa (10/04/18) lewat press release mengatakan, “salah satu upaya untuk mendorong prestasi para mahasiswa adalah dengan menyelenggarakan Pilmapres tingkat Kopertis Wilayah XI Kalimantan. Pilmapres, telah mampu memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa, termasuk model pembinaan mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. Selain itu, secara langsung atau tidak langsung, juga dapat mengangkat martabat mahasiswa serta perguruan tingginya. Pelaksanaan Pilmapres akan terus ditingkatkan kualitasnya, dalam rangka memberikan motivasi berprestasi, di kalangan mahasiswa dan menciptakan budaya akademik yang lebih baik." katanya.

Masih menurut Sekretatis Pelaksana Kopertis Wilayah XI kalimantan, M. Akbar nantinya para peserta yang jadi pemenang akan dilakukan pembinaan guna menghadapi pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional. Adapun Terbaik 1 Nashara Ulpah dari STT Migas Balikpapan, Terbaik 2 Sholahuddin Shaom dari Universitas Muhammadiyah Palagka Raya Terbaik 3 Beta Karlistiyaningsing dari Stikes Yarsi Pontianak, Terbaik 4 Albert Dannil dari STIE Mulia Singkawang Terbaik 5 Selly Novira dari Univeristas Muhammadiyah Pontianak.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran