Menyiapkan Slide

Pelatihan Penulisan Proposal Berkualitas bagi Dosen Abrori / 10-Apr-2018 19:04:33

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UM Pontianak (LPMM) hari ini mengadakan kegiatan penulisan proposal. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 10 sampai 11 April 2018 di Aula lantai III UM pontianak dengan mengangkat tema “Workshop penulisan proposal penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional bereputasi”. Adapun pembicara dalam kegiatan ini adalah bapak Dr. Amrazi Zakso dan Dr Linda Suwarni, SKM.,M.Kes.

Hadiri dalam kegiatan pembukaan antara lain: Wakil Rektor I, Wakin Rektor II, Wakil Rektor III, Ketua LPPM, Ketua Penjamin Mutu, para  Dekan, dan Dosen yang ada di lingkungan UM Pontianak. Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penulisan artikel ilmiah baik skala nasional maupun internasional serta percepatan indeksasi jurnal yang ada di lingkungan UM Pontianak.

Wakil Rektor I dalam sambutannya mengatakan “Kita harus bisa memperbaiki kualitas dan jumlah penelitian, mudah-mudahan kita termotivasi untuk melakukan penelitian. Di tahun 2010 penelitian yang ada di UM Pontianak ini sangatlah bayak dan menurun di tahun  2016 sampai 2017 bahkan bisa disaingi oleh perguruan tinggi swasta lain (PTS). Mudah-mudahan monitoring ini berjalan dengan baik sehingga, pengalaman dari bapak Dr. Amrazi Zakso bisa kita ambil untuk menjadi evaluasi kita. Jelasnya.

Dr. Amrazi Zakso mengatakan “Saya hadir di sini tidak bermaksud untuk menggurui bapak dan ibu yang ada di sini terkait cara membuat proposal penelitian. Akan tetapi, apa yang saya sampaikan adalah sharing atau berbagi pengalaman penulisan proposal baik penelitian maupun pengabdian sesuai dengan format pembutan proposal dari Dikti. Beliau menegaskan dalam pembuatan proposal ada dua poin penting yang harus di perhatikan yaitu, kualitas dan siapa yang buat proposal penelitian. Sekali lagi, dalam pembuatan proposal penelitian ini agar bisa memberikan jaminan bahwa kita layak dapat hibah”. Terangnya

Lebih lanjut “Riset itu membandingkan pokok persoalan, teori, kepekaan, kepedulian dan sains di kepala kita. Hasil riset perlu memperhatikan berbagai aspek sehingga nantinya tidak terboikot oleh negara maju. Pernah ada gabungan ahli peneliti yang meneliti tanah lembek yang biasanya diberikan cerucuk, kemudian diganti dengan beton yang sudah diberikan bahan kimia tertentu agar mengikat tanah dan penelitiannya berhasil. Hal ini yang bisa mengantarkan ke skala besar, dari mulai hak paten, artikel ilmiah dan sejenisnya.  Saya yakin kalau para ahli peneliti itu bergabung pasti bisa menghasilkan riset besar. Riset itu jangan berpikir yang besar-besar, pikir yang kecil-kecil dulu tapi kita bisa selesaikan. 

Sementara Dr Linda Suwarni menegaskan terkait pengalaman beberapa kali lolos dalam pengabdian pada masyarakat, termasuk membocorkan bagaimana strategi dari mulai pemetaan mitra yang akan diajak kerjasama, penulisan proposal serta dengan siapa akan ajak untuk bermitra dalam kegiatan pengabdian tersebut.  

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran