Menyiapkan Slide

Monitoring dan Evaluasi PKM Abrori / 05-Apr-2018 22:04:43

Setelah melakukan pelepasan Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM) beberapa saat yang lalu di kabupaten ketapang khususnya di daerah Tumbang Titi, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatn UM Pontianak, berikutnya adalah monitor evaluasi kegiatan tersebut. ini bertujuan sejauh mana program berjalan atau sebaliknya guna merencanakan program selanjutnya sebagai bagian dari solusi kegiatan PKM yang kebetulan bekerja sama dengan BKKBN Povinsi Kalimantan Barat tersebut. kegiatan ini dilakukan oleh beberapa dosen sebagai pembimbing lapangan di masing tempat kegiatan PKM dengan jangka waktu antara tanggal 3-10 April 2018.  Termasuk kegiatan PKM yang dilakukan di Kabupaten Kubu Raya.

Acara dihadiri oleh masing-masing mahasiswa dan mahasiswi sebagai peserta PKM. kegiatan Monev ini merupakan alat untuk melihat progress report baik secara individu maupun kelompok PKM.  Adapun aspek progress report individu tersebut antara lain: keterampilan pengumpulan data; tanggung jawab; inisiatif; kreatif; dan kerjasama. Sedangkan progress report kelompok yang di monitor antara lain: bagaimana melihat tahapan pengolahan dan analisa data; tahapan penyajian data; tahapan penyiapan musyawarah masyarakat desa.

Kegiatan ini masing-masing dosen pendamping lapangan diterima oleh kepala Desa tempat untuk kegiatan PKM. Beberapa kepala desa antusias membantu proses jalanannya kegiatan PKM, dari mulai kedatangan, proses dan monitor evaluasi. Kepala desa Ulak Medang kecamatan Muara Pawan salah satunya mengatakan bahwa “kegiatan PKM yang dilakukan oleh Prodi Kesmas, Fikes adalah solusi bagian dari mengatasi kerja integral lawan ancaman tantangan stunting yang terjadi di wilayah kerjanya”.

Berbeda dengan kepala desa Syarifudin salah satu mahasiswa peserta PKM mengatakan “kegiatan ini merupakan bagian ciri khusus Kesehatan Masyarakat yang penerapannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Kita belajar dari lapangan tahap demi tahap. Jika salah satu terlewatkan maka akan sedikit bermasalah pada tahap berikutnya”

Lebih lanjut mahasiswa diajarkan melihat dan melaksanakan program dari persoalan hambatan-hambatan yang terjadi dan bagaimana solusi serta rencana tindak lanjut baik secara individu maupun kelompok.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran