Parenting In The Global Era Abrori / 04-Apr-2018 20:04:30

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dibentuk sebaik dan seideal mungkin oleh orang tuanya, mulai dari dasar dengan mendampingi kegiatan sampai anak tersebut mandiri. Pendidikan Guru PAUD UM Pontianak baru-baru mengadakan kegiatan dengan mengangkat tema“Parenting in the global era”.  Acara dihadiri oleh Di hadiri oleh Wakil Rektor 1, Dekan FKIP, Kaprodi PAUD, Dosen PAUD dan 84 mahasiswi PG PAUD baik kelas Reguler A maupun B. Kegiatan ini menghadirkan narasumber pertama dari Malaysia yaitu  ibu Dr. Aliza Binti Alias dan kedua ibu Listya Triandari, Sst.Ft, M.Fis dari Pontianak. Adapun tujuan kegiatan ini adalah guna membuka wawasan bagi para calon guru, terkait bagaimana cara mendidik anak yang baik, benar, bisa mengenal lebih dekat dengan anak-anak, serta pengalaman yang didapat diterapkan saat berada di lapangan.

Ketua Prodi PAUD mengatakan “Acara ini sebenarnya sudah teragendakan cukup lama, mengingat tema yang dibawakan ibu Dr. Aliza Binti Alias cukup aktual dan menarik, harapannya semoga ilmu yang didapat oleh semua yang hadir di seminar tersebut bisa bermanfaat dan menerpakan ilmu yang telah didapat” jelasnya  

Wakil Rektor 1 mengatakan “Duhulu orang Indonesia di tarik ke Malaysia untuk mendidik, sekarang orang Malaysia di tarik ke Indonesia. Malaysia selangkah lebih baik dalam hal Pendidikan. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa, memelihara hal-hal lama yang lebih bagus dan mengambil hal-hal baru yang lebih bagus”. Terangnya

 Sementara Dr. Aliza Binti Alias mengatakan “Memberikan teknologi kepada anak itu boleh tetapi ada yang perlu diperhatikan oleh Bapak/Ibu adalah harus mendampingi anak tersebut. Kami membuat projek pada 3 orang anak yang suka memainkan gadget bahkan tidak bisa jauh dari gadget. Kemudian dalam 1 minggu kami tidak berikan mereka gadget tetapi kami ganti dengan jalan-jalan melihat pemandangan, hasilnya memang mengejutkan, anak yang tadi tidak bisa lepas dari gadget sekarang mulai berkurang memainkan gadget. Pesan dari saya guru itu haruslah terrific, energetic, able, cheerful, hardworking, enthusiastic, remarkable. Selain itu, guru juga dituntut mempunyai kreativitas di saat yang tidak terduga, misalnya bagaimana guru harus bisa membujuk anak agar mau melukis, menulis dengan cara yang kreatif”.

Sedangkan Listya Triandari, Sst.Ft, M.Fis mengatakan “Peran fisioterapi dalam mengoptimalisasikan tumbuh kembang anak yaitu dengan pemberian massage sangatlah penting. Karena bisa memelihara kemampuan gerak dan fungsi sepanjang hidup anak”.

Berbicara tentang anak merupakan masa depan yang perlu di jaga agar bisa menjadi generasi kebanggaan bangsa, mulai dari pendidikan dan munculnya hal-hal yang baru perlu pendampingan, hal ini agar tidak berdampak negatif pada sang anak tersebut.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran