Menyiapkan Slide

EKA: Pembinaan&mengangkat harkat martabat PTS di Kalimantan Abrori / 02-Apr-2018 21:04:55

UM Pontianak hari ini (Senin, 02/04/2018) kedatangan tamu, mereka adalah tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) dari Koordinator Kopertis Wilayah XI. Kedatangan meraka dalama rangka kunjungan dan pemantauan ke UM Pontianak (UMP). UM Pontianak merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbesar di wilayah Kalimantan Barat, yang berkareditasi B.

Mereka disambut jajaran pimpinan UM Pontianak, dalam sabutan Rektor UM Pontianak Bapak Helman Fachri mengatakan bahwa “Pembinaan yang dilakukan Koordinator Kopertis Wilayah XI, Prof. Idiannor Mahyudin seperti ini adalah langkah posistif. Ini, akan dapat mengangkat harkat martabat PTS di Kalimantan, kami sangat mendukung sekali, pembinaan "jemput bola" yang dilakukan oleh Bapak Koordinator. Kita terbuka dalam pembinaan, Penyelenggaraan PT juga harus kreatif, harus bertekad untuk memajukan PTS. Mengingat ke depan tantangan PTS makin kompetitif. Kita akan bersaing selain dengan Perguruan Tinggi Negeri juga bersaing dengan perguruan tinggi asing. Masyarakatlah yang akan menentukan pilihan tersebut" Jelasnya .

Dr. Eko Suhartono, M.Si, dari kopertis mengatakan bahwa saat ini kopertis lagi getol membantu PTS untuk meningkatkan akreditasnya, beliau mengungkapkan Kita ingin membantu PTS yang akan atau memungkinkan untuk Reakreditasi. UM Pontianak sangat potensial untuk mencapai akreditasi A, agar dapat memberikan pilihan kepada masyarakat untuk melanjutkan di perguruan tinggi. Pembinaan dan pemantauan dilakukan oleh Koordinator Kopertis Wilayah XI yang mempunyai tugas fungsi utama yaitu melakukan pembinaan, pengawasan dan pengedalian (Bindalwas) kepada PTS se Kalimantan. Wilayah kerja Kopertis Wilayah XI mencakup 5 provinsi di Kalimantan yaitu sebanyak 168 PTS. Pendidikan tinggi merupakan kebutuhan masyarakat pada saat ini, oleh karena itu pendidikan tinggi harus diselenggarakan dengan tata kelola yang baik. Tata kelola yang baik akan menghasilkan mutu pada perguruan tinggi. Dalam rangka pembinaan ini, saya ingin PTS yang mempunyai Akreditasi Institusi atau Akreditasi Program Studi yang sudah Akreditasi B wajib naik level menuju A, yang masih berakreditasi C harus cepat berbenah menuju B, yang belum berakreditasi harus secepatnya berakreditasi sebelum mengeluarkan alumni. Kami harapkan UM Pontianak tahun 2019 ada berakreditasi A, baik program studi maupun institusi" jelasnya

Lebih lanjut Eko Suhartono memberikan ceramahnya terkait jabatan fungsional (jafung) untuk pengajuan Lektor Kepala, Publikasi jurnal internasional, terindeks scopus, dan terindeks Q3 serta mempersiapkan untuk peningkatan Akresitasi PTS ke jenjang yang lebih tinggi. Belaiu juga memaparkan terkait kendala-kendala yang dosen sebagian dosen mengalami terkait kenaikan jabatan Fungsional. Kendala tersebut antara lain terkait dengan penulisan publikasi baik nasional maupun internasional. Tidak hanya bicara kendala beliau juga memaparkan tip dan trik terkait dengan publikasi yang antara lain; dosen perlu mempunyai penelitian payung untuk para mahasiswa bimbingannya. Hal ini agar mudah dan banyak publikasi. Kemudian ketika fokus dengan tri darma perguruan tinggi jangan publikasi onlinenya. Targetkan publikasi yang terindeksasi baik google scholar, DOI, maupun DOAJ. Dengan banyaknya publikasi selain nama dosen terkenal juga akan menaikan nilai akreditasi baik prodi mapun universitas.   

UM Pontianak adalah perguruan tinggi swasta yang cukup banyak prestasi, dari mulai jumlah penelitian terbanyak di wilayah Kalimantan Barat, PKM terbanyak dan  Sekadar informasi saja bahwa UM Pontianak merupakan salah satunya PT baik PTS maupun PTN dari Kalimantan yang mewakili Indonesia pada ajang Shell Co di singapore (mobil hemat energi) dengan hasil 20 besar atau baik. Ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa untuk PTS kita di Kalimantan, PTS kita mempunyai potensi yang besar, PTS kita bisa sejajar dengan PTN.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran