Menyiapkan Slide

Meraih Cita-Cita Dengan Beasiswa Luar Negeri Abrori / 30-Mar-2018 15:03:41

Saat ini, untuk sekolah ke luar negeri bukan lagi hal yang sulit dan orang-orang tertentu saja. Inilah yang kemudian Kantor Urusan Internasional (KUI) mencoba memberikan sedikit solusi dengan mengadakan seminar dengan mengangkat tema “A Talkshow In Scholarship&Motivation For Oversesas Study”. Dalam kegiatan ini KUI menargetkan mahasiswa yang datang tidak hanya dari kampus UM Pontianak saja melainkan dari berbagai kampus seperti: IKIP PGRI, IAIN, UNTAN dan AKBID dan acara dihadiri 315 mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri oleh Urfi Ruhama, M.Pd., B.I selaku ketua KUI dan Heriansyah, SH., SH.I., M.Pd. selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Al Islam dan Kemuhammadiyahan UM Pontianak.  Sedangkan narasumber adalah Lutfiya Al-Qarani dan Juniar Laraswanda Umagapi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Adapun tujuan kegiatan ini adalah memberikan semangat, penjaringan mahasiswa khususnya UM Pontianak guna melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Lutfiya Al-Qarani mengatakan “Saya sebenernya mau masuk kuliah di UI. Tetapi Tuhan mengasikan jalan di Universitas Muhammadiyah Malang dan ternyata banyak sekali pengalaman yang saya dapat ketika saya berkuliah di sana. Saya kuliah selalu aktif di organisasi. Organisasi itu perlu karena kita bisa eksplor ilmu kita, kalau bisa pulang kuliah jangan langsung pulang, kamu harus cari ilmu lebih di luar jam kuliah. Lebih lanjutnya “jangan minder dengan yang lain, meski pun kamu dari daerah, bahkan daerah terpencil sekalipun. Saya punya rumus yang saya dapat sewaktu bersama anak SD, agar mereka paham, rumusnya Dream, Passion, Plan, Actions (DP2A)”. Terangnya.

Sedangkan Juniar Laraswanda Umagapi mengatakan “saya berusaha mendapatkan jalan ke luar negeri, tanpa aku harus keluar uang, tanpa aku harus repot-repot cari tempat penginapan dan tiket. Karena aku bosan di Yogyakarta, dari sini aku memutuskan untuk mencari beasiswa luar negeri. Di sana kamu akan mendapat banyak pengalaman baru dari cuaca, makanan dan bahasa asing kamu akan semakin meningkat. Dan kalau kamu dapat beasiswa kamu harus bertanggung jawab, jika kamu dapat nilai F atau D, kamu akan mempermalukan negaramu sendiri, dari sini juga kamu akan berusaha untuk tidak dapat nilai F atau D”. Jelasnya

Pendidikan tidak mandang kamu dari mana dan punya uang atau tidak. Karena selagi kita mau dan berusaha untuk mengejar keinginan pasti Tuhan kasi jalan. Percayalah bahwa diri kita bisa melakukan hal yang lebih di luar pemikiran kita.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran