Pelepasan PKM mahasiswa UM Pontianak oleh Bupati Ketapang Abrori / 19-Mar-2018 07:03:26

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang terjadi tidak terbatas di dalam kelas saja. Pengajaran yang berlangsung pada pendidikan lebih ditekankan pada pengajaran  yang menerobos di luar kelas, bahkan di luar institusi pendidikan seperti lingkungan kerja,  alam dan kehidupan  masyarakat. Hal ini, Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem  program pengajaran serta merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan  pengetahuan, sikap dan keterampilan  (KAP)  yang diperoleh selama mengikuti Proses Belajar dan Mengajar (PBM).

Lahan praktik sebagai sarana  belajar dan mengajar untuk mewujudkan profesional bagi  mahasiswa, dan sebagai wadah  yang telah mendapatkan pelajaran  teori di kelas atau praktek di lapangan. Disamping itu, diharapkan PKM dapat dijadikan sebagai laboratorium lapangan untuk lahan pengabdian kepada masyarakat

Adapun tujuan dari PKM adalah memberikan pengalaman belajar dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kesehatan dengan pendekatan problem solving cycle agar memperoleh hasil yang efisien, efektif dan optimal dalam memperoleh, mengolah dan menganalisa  data informasi serta menginterpretasikan hasilnya pada saat intervensi kepada masyarakat.

PKM kali ini mahasiswa diterjunkan langsung di dua Kabupaten Ketapang dan Kubu Raya. Di kab. Ketapang PKM dilepas langsung oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan.  Beliau melepas secara resmi Mahasiswa PKM UM Pontianak di halaman Kantor Camat Tumbang Titi. Kegiatan PKM ini merupakan hasil kerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Perwakilan Kalimantan Barat.  

Dalam sambutannya beliau mengatakan “Mahasiswa  sebagai agen perubahaan sangat ditunggu kiprah nyatanya di masayarakat. Beliau berarap pada PKM ini mahasiswa bisa menerapkan ilmunya di lapangan dan dapat menemukan strategis pemberdayaan kesehatan masyarakat.  Khususnya dalam pola pikir dan prilaku masyarakat setempat. Selain itu, hasil kegiatan PKM ini ada feedbacknya bagi Pemkab Ketapang. Misalnya berupa data mengenai faktor penyebab stunting dan kependudukan kekuarga berencana, Sehingga nantinya bisa dijadikan dasar perencanaan program di bidang kesehatan dan KB di Ketapang. Khususnya dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama bayi dan balita dan solusi mengatasi stunting” ujarnya

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran