Menyiapkan Slide

PKM: Problem Solving Cycle Kesehatan Pada Tingkat Pedasaan Abrori / 19-Mar-2018 05:03:23

Masih dalam rangka rangkaian Praktikum Kesehatan Masyarakat  Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak, beberapa saat yang lalu mengadakan Pelatihan Skil perencanaan Pembangunan Desa. Pelatihan ini diperuntukan Kepada seluruh Mahasiswa Peserta PKM 2018 Wilayah Kabupaten Ketapang dan Kubu Raya. Pelatihan dilaksanakan di Aula Lantai III UM Pontianak. Adapun fasilitator adalah para dosen Fikes UM Pontianak dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) Provinsi Kalimantan Barat. Mengingat penempatan PKM selalu di pedasaan. 

Fasilitator dari DPMD mengatakan Isu pedesaan saat ini menarik untuk ditelaah mengingat Seringkali mereka beranggapan bahwa “bekerja di desa gajinya terlalu kecil, Bahkan ada di antara mereka yang mengatakan gengsi ketika lulusan perguruan tinggi apalagi dari kota justru bekerja di desa.Fenomena tersebut terus berlangsung sampai sekarang. Padahal saya pikir siapa lagi yang akan membangun desa dari golongan pemuda kecuali kita sebagai mahasiswa yang notabene mempunyai pemikiran, pengetahuan dan pengalaman yang lebih daripada pemuda yang menghabiskan waktunya di desa. Pendapat ini mungkin ada benarnya, mungkin juga ada salahnya. Tapi paling tidak sejauh ini fakta masih seperti itu”. Ujarnya

Padahal jika jujur, bukankah salah satu tujuan orang tua kita yang berasal dari desa mempunyai harapan bahwa kelak ketika kita selesai belajar dari perguruan tinggi adalah ikut membangun desanya, ikut membantu masyarakatnya menjadi maju. Para orang tua mempunyai kepercayaan bahwa mahasiswa jauh lebih bisa berperan dalam mewujudkan desanya menjadi desa maju lagi mandiri. Apa pun peran mahasiswa, saya pikir orang tua dan masyarakat juga akan mendukung.

Fakultas Ilmu kesehatan prodi kesemas lewat PKM mencoba memberikan solusi kecil di bidang kesehatan pada tingkat pedasaan. Harapannya bisa menjadi solusi mengingat tujuan  dilakukan PKM adalah memberikan pengalaman belajar dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kesehatan dengan pendekatan problem solving cycle agar memperoleh hasil yang efisien, efektif dan optimal dalam memperoleh, mengolah dan menganalisa  data informasi serta menginterpretasikan hasilnya pada saat intervensi kepada masyarakat

Kegiatan Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM)   Tingkat Puskesmas (1) Pengumpulan Data (2) Analisis Situasi Masalah (3) Menyusunan  Prioritas Masalah (4). Penetapan Lokasi Kasus (Lokus) Tingkat Desa (Lokus) (1) Pengumpulan Data Masyarakat (Community Based) (2)  Inventarisasi Faktor Penyebab Masalah (3) Penetapan Faktor Determinan. Penetapkan faktor penyebab masalah (determinan) yang berhubungan dengan masalah prioritas didasarkan pada hasil analisa bivariat, dapat menggunakan uji statistik tertentu melalui komputer beraplikasi.  Tingkat Desa (Intervensi) (1) Membuat Alternatif  Pemecahan Masalah (2) Lokakarya Mini (Rembuk Desa) (3) Penyusunan Rencana Tindakan (plan of action) (4)Tindakan Intervensi (5) Penulisan Laporan dan (6) Penyajian Laporan (Seminar) Penyajian laporan dapat dilakukan mulai dari desa (di kantor Kelurahan/Kecamatan) dan kantor pemerintah daerah (seperti : Dinas Kesehatan Kabupaten) sebelum  acara penutupan. Selain itu, penyajian laporan juga dilakukan di Fakultas yang akan dihadiri oleh Dosen Pembimbing Fakultas (DPF) sebagai evaluasi akhir dari rangkaian kegiatan PKM.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran