Menyiapkan Slide

SPMI: Best Practices Institusi Sehat dan Berdaya Saing Abrori / 07-Mar-2018 21:03:52

Perguruan Tinggi (PT) mempunyai peran sebagai agents of change and development.  Peran tersebut merupakan strategis dalam peningkatan daya saing bangsa (nation competitiveness). Karenanya kebijakan dasar pendidikan tinggi menekankan bahwa PT harus aktif berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui luaran produk dan jasa di pasar dunia. Oleh karena itu, setiap PT perlu memperbaiki kapasitas fisik, tata kelola, pendanaan dan sumberdaya manusia. Selain itu, perlu juga membangun unit penjaminan mutu, sehingga menjadi institusi yang sehat dan berdaya saing.

Penjaminan mutu merupakan bentuk tanggungjawab institusi PT kepada publik (stakeholders). Kepuasan stakeholders melalui layanan prima dan pencapaian visi menjadi prioritas sistem penjaminan mutu. Walaupun, sistem penjaminan mutu bersifat internally driven, namun Dikti terus menerus memantau dan memonitor implementasi sistem penjaminan mutu kegiatan akademik serta non akademik dalam bentuk Laporan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada setiap PT.

Selain itu, Dikti juga memantau perolehan sertifikat Akreditasi pada tiap Institusi PT. Karena itu Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UM Pontianak berkomitmen untuk menjunjung tinggi amanah ilmu amaliyah, dalam berbagi best practices peningkatan mutu berkelanjutan di UM Pontianak. Hal ini, sejalan dengan harapan Dikti agar ada penyebarluasan best practices dari LPM suatu perguruan tinggi kepada yang lain.

Upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan  di lingkungan UM Pontianak adalah peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang SPMI kepada pengelola Program Studi melalui kegiatan pelatihan yang bertema “Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Pontianak.”.

Tujuan penyelenggaraan worshop tersebut adalah peningkatan pemahaman dan ketrampilan merancang Sistem Penjaminan Mutu Internal. Adapun metode yang digunakan dalam workshop ini pertama presentasi dan diskusi antara pemateri dan peserta. Kedua sharing praktek merancang, mengembangkan dan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Um Pontianak. Kegiatan Lokakarya SPMI dilaksanakan selama 2 hari 7-8/03/2018 di aula lantai III UM Pontianak.  . Adapun materi yang akan peserta dapatkan adalah terkait dengan (1) SPM Dikti (2) SPMI dan SPME (3) SN Dikti (4) Dokumen Kebijakan SPMI (5) Dokumen Manual SPMI (6) Dokumen Standar SPMI dan Formulir SPMI.  Narasumber workshop berasal dari LP3M Universitas Tanjung Pura yaitu: Bapak Dr.  Eli Rusmiyanto, PW, M.Si dan Dr. H.A. Oramahi, M.P. 20 Peserta mengikuti kegiatan tersebut, mereka adalah para dosen internal yang berasal dari unsur ketua program studi, dan ketua Gugus Penjaminan Mutu Fakultas yang ada di lingkungan UM Pontianak.


Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran