Menyiapkan Slide

Pelepasan Tim Teknik Mesin UM Pontianak Untuk Shell Eco-Marathon Asia 2018 Abrori / 03-Mar-2018 20:03:21

Shell kembali akan menggelar acara bertajuk make the future Singapore 2018 di Changi Exhibition Center, Singapore, pada 8-11 Maret 2018. Festival yang terbuka untuk umum yang akan menampilkan beragam gagasan dan solusi inovatif seputar energy di Asia, yang terkait dengan tantangan energi dunia. Sebanyak lebih dari 100 tim pelajar/mahasiswa dari berbagai Negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur tengah akan berkompetisi dalam mengembangkan solusi mobilitas yang inovatif, baik itu dalam mendesain, membangun, menguji, dan mengendarai mobil hemat energi.

Kompetisi Shell Eco–Marathon tahun ini akan dibagi dalam dua kategori, yaitu pertama kategori Prototype berfokus pada desain yang mampu mengurangi hambatan dan memaksimalkan tingkat efisiensi. Dan kedua kategori Urban Concept merupakan kendaraan roda empat yang menekankan pada desain yang lebih praktis sekaligus memenuhi kebutuhan riil pengguna transportasi di daerah perkotaan. Adapun tujuan diadakan kegiatan Shell Eco-Marathon relatif sederhana, membuat mobil yang paling hemat bahan bakar. Untuk Shell Eco-Marathon Asia 2018 kali ini diikuti 26 tim mahasiswa dari 20 Perguruan Tinggi di Indonesia yang siap untuk berpartisipasi, termasuk Tim Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik UM Pontianak.

Acara pelepasan Tim Indonesia dilaksanakan di Yogyakarta pada Selasa (27/2), Dr. Didin Wahidin M.Pd. selaku Direktur Kemahasiswaan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti mengatakan “bahwa apa yang dilakukan mahasiswa yang memiliki semangat untuk berinovasi merupakan sebuah bentuk bela negara. Menurutnya menjadi juara dalam perlombaan memang hal yang penting, namun yang lebih penting adalah menjadi juara untuk diri sendiri. “Hal yang lebih hebat adalah tumbuhnya rasa percaya diri dalam diri mahasiswa. Kita selalu ingin apa yang mahasiswa lakukan bisa menjadikan mereka sebagai seorang pembelajar,”. Keberangkatan tim Indonesia ke Singapura bukan hanya untuk berlomba. “Ketika di Singapura kalian harus menunjukkan karakter orang Indonesia. Kalian harus menunjukkan sopan santun dan bekerja sama dengan teman yang berasal dari Indonesia, jangan malah bersaing dengan tidak sehat,” ungkapnya.

President Director & Country Chairman PT Shell Indonesia Darwin Silalahi mengatakan bahwa dirinya berharap tim Indonesia kembali mencetak prestasi yang membanggakan di ajang Shell Eco-marathon Asia 2018. “Semoga antusiasme dan pencapaian tim mahasiswa Indonesia bisa memberikan inspirasi bagi anak muda lainnya untuk berkontribusi dalam menciptakan teknologi di bidang mobilitas dan energi,” katanya.

Sedangkan Waspodo, ST.,MT Ka Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik UM Pontianak“ mengatakan dalam kegiatan ini timnya menerapkan FILOSOFI yang dimiliki oleh IPTN, yaitu “ BERMULA DI AKHIR BERAKHIR DI AWAL “ artinya: Menyerap teknologi maju secara progresif dan bertahap dalam suatu proses yang integral dengan berpijak pada kebutuhan obyektif Indonesia. Tahap integrasi teknologi (Tahap Manufakturing); Teknologi dapat dikuasai secara utuh menyeluruh tidak semata-mata materinya, tetapi juga kemampuan dan keahliannya. Tahap pengembangan teknologi (Tahap Rancang Bangun Sekaligus Manufakturing); dan Memegang prinsip terbuka, yaitu membuka diri terhadap setiap perkembangan dan kemajuan yang dicapai negara lain. Tahap penelitian dasar (Rancang Bangun Mandiri & Mengusai Ilmu – Ilmu Dasar).

Lebih lanjut generasi pertama Tim Mesin UM Pontianak ini akan menjadi contoh generasi-generasi berikutnya dan akan menjadi mahasiswa-mahasiswi yang ikut andil dalam membawa nama dan tentu mengisi kemerdekaan RI dan khususnya UM Pontianak di bidang Sumber Energi serta. Waspodo berharap generasi-generasi berikutnya harus mampu dan lebih berhasil lagi untuk bisa mengembangkan Sumber Energi yang sudah dijadikan patokan oleh Shel Eco-Marathon. Karena itu, detail rancangan MOBIL adalah hal mutlak yang perlu dipersiapkan tiap mahasiswa-mahasiswi sebagai peserta. BAHAN BAKAR yang dipergunakan pun tidak sembarangan. Selamat kepada mahasiswa-mahasiswi yang terpilih sebagai generasi pertama Tim Mesin UM Pontianak dalam ajang Shell Eco-Marathon Asia 2018 di Singapura. Salam Energi!.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran