Menyiapkan Slide

UM Pontianak Audiensi bersama Bupati Ketapang untuk kegiatan PKM Abrori / 27-Feb-2018 20:02:15

Fakultas Ilmu Kesehatan UM Pontianak melakukan audiensi bersama dengan Bupati Ketapang. Kegiatan ini dalam rangka membahas integrasi penanganan stunting di kabupaten Ketapang yang rencana akan disinergiskan dengan kegiatan Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM) mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat tahun ajaran 2017/2018. Acara audiensi ini dihadiri Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka untuk memperoleh dukungan dari berbagai sektor guna menangani persoalan stunting. Adapun yang hadir dalam acara tersebut dari Pemerintah Kabupaten Ketapang di antaranya Dinas Kesehatan, Pendidikan, Pertanian, Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Asisten 1 Pemda Ketapang, Kominfo dan Pekerjaan Umum. Sedangkan dari Provinsi yang  hadir antara lain: kepala dan pejabat di lingkungan BKKBN Prov Kalbar, Dekan Fikes, Rektor UM Pontianak dan Ketua PWG kalbar.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah mensinergikan semua lintas sektor dalam program stunting di Kabupaten Ketapang. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting biasanya terjadi pada 1.000 hari pertama kehidupan manusia. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa stunting juga dapat terjadi sejak janin dalam kandungan.

Ikhtiar yang dilakukan UM Pontianak ini sebagai upaya memutus mata rantai Stunting dari sudut pandang akademis dan dukungan terhadap program yang saat ini akan berjalan dengan BKKBN. Kegiatan ini melibatkan 127 mahasiswa yang nantinya akan disebar di 10 desa selama dua bulan. Adapun kegiatan para mahasiswa di antaranya melakukan pemetaan atau maping di 10 desa dengan indikator yang berkaitan dengan program keluarga berencana dan pembangunan keluarga. kemudian, disusun rancangan program sosialisasi, baru dibuat intevensi program kegiatan dan dilakukan intervensi program kegiatan yang telah disiapkan BKKBN di antaranya gerakan ‘Seribu Hari Pertama Kehidupan’.


Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran