UM Pontianak Galang PPL Internasional Abrori / 26-Feb-2018 20:02:38

Salah satu tujuan Praktek Pengalaman Lapangan( PPL) bagi mahasiswa semester terakhir pada sebuah Perguruan Tinggi (PT) adalah sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. PPL merupakan tuntutan bagi mahasiswa demi menjawab tantangan laju perkembangan zaman termasuk teknologi. Selain itu, lebih khusus pada tuntutan profesionalisme dalam berbagai sektor pendidikan.

Demi peningkatan hal  tersebut UM Pontianak mencoba terobosan baru PPL Internasional. Adapun sebagai target negara tujuan adalah Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Saat ini PPL tersebut dilakukan dengan berbarengan dengan beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah antara lain  UM Purwokerto dan UM Palu. Waktu pelaksanaan selama 28 hari lebih tepatnya sejak tanggal 22 Februari sampai 17 Maret  2018. PPL diikuti mahasiswa dari program Pendidikan Kimia atas nama Meisya Tri Farida dan Banita Eka Putri  dari Program Studi Pendidikan Biologi.

PPL Internasional merupakan program unggulan Kantor Urusan Internasional (KUI) UM Pontianak. Program ini merupakan program tindak lanjut dari komitmen dan kerjasama antara  UTM  dengan UM pontianak. Adapun program yang disepakati antara lain pertukaran mahasiwa untuk program PPL dan Magang internasional. Para mahasiswa akan difasilitasi antara lain asrama, praktek mengajar pada tingkat SMA dan tentu pertukaran baik budaya maupun pengalaman mengajar internasional, tidak hanya itu saja program termasuk pembinaan mahasiswa serta paket wisata dengan biaya RM 2000

Dipandang dari sudut kurikulum, PPL merupakan program matakuliah proses belajar mengajar (PBM) yang dipersyaratkan dalam pendidikan yang dirancang secara khusus untuk menyiapkan calon guru agar menguasai profesi keguruan yang terpadu secara utuh, sehingga setelah mahasiswa tersebut diangkat menjadi guru, mereka dapat mengemban tugas dan tanggung jawabnya secara professional. “Itulah sebabnya, diharapkan agar mahasiswa harus memiliki berbagai kecerdasan, antara lain, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual”.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran