Menyiapkan Slide

Membangun Peluang Kerjasama Internasional UM Pontianak Abrori / 26-Feb-2018 20:02:08

Jum’at 23/2/18 UM Pontianak kedatangan Tamu, beliau adalah  Mahyudin, M.A Ketua MUI Bidang Kerjasama Internasional sekaligus Ketua Lembaga Internasional PP Muhammadiyah. Dalam ceramahnya beliau mengatakan bahwa saat ini "Hubungan kerjasama antarnegara di dunia diperlukan guna memenuhi kebutuhan hidup dan eksistensi keberadaan suatu negara dalam tata pergaulan internasional, di samping demi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan hidup yang merupakan dambaan setiap manusia dan negara di dunia. Setiap negara sudah barang tentu memiliki kelebihan, kekurangan dan kepentingan yang berbeda. Hal inilah, yang mendorong dilakukannya hubungan dan kerjasama internasional. Kerjasama antarbangsa di dunia didasari atas sikap saling menghormati dan saling menguntungkan. Begitu pula kerja sama yang dibentuk oleh UM Pontianak dengan beberapa Negara baik di ASIA maupun Eropa dengan tujuan mengembangkan sektor-sektor tertentu. Semisal hubungan kerjasama bilateral UM Pontianak dengan Jerman dimulai tahun 2017 sebagai upaya internasionalisasi UM Pontianak menuju kampus kelas dunia” terangnya

Adapun tujuan Kegiatan tersebut guna memberikan pemahaman dan informasi seputar kerjasama yang dapat dilakukan oleh para dosen dan fakultas di lingkungan UM Pontianak dengan Negara lain. Hal tersebut, dilakukan dalam upaya internasionalisasi kampus UM Pontianak. Kerjasama internasional juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran dan atmosfer internasional di bidang pendidikan. Sehingga, UM Pontianak dapat memanfaatkan mitra kerjasama guna meningkatkan citra dan trust bagi masyakarat luas.

Kerja sama internasional dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan untuk kepentingan negara-negara di dunia. Kerja sama internasional, meliputi di bidang politik, sosial, pertahanan keamanan, kebudayaan, ekonomi, dan pendidikan yang berpedoman pada politik luar negeri masing-masing. Memasuki era globalisasi, kerjasama internasional tidak hanya dilakukan oleh Negara, tetapi juga oleh lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran