Menyiapkan Slide

Google Developers: Pontianak Market Besar Aplikasi Mobile Abrori / 05-Feb-2018 16:02:51

Android telah digunakan di lebih dari 190 negara di dunia. Setiap harinya, ada lebih dari 1 juta perangkat Android baru yang diaktifkan di seluruh dunia. Ada lebih dari 1.5 milyar download per bulan di Google Play dan angka ini terus bertambah. 132.7 juta pengguna internet ada di Indonesia. Karenanya Indonesia adalah negara dengan market yang cukup besar. Pertanyaan besarnya apa kita bisa menjadi player yang besar? Jawabannya adalah kolaborasi. Kolaborasi adalah kunci untuk membuat developer Indonesia berdaya. Gerakan ini akan menjadi lebih besar. Semua ingin berbagi dan menjadi developer yang lebih baik. Untuk itu, setidaknya kita perlu mengambil kesempatan ini untuk berkarya, menciptakan aplikasi android yang berdampak positif.

Indonesia Android Kejar (IAK) adalah program yang diinisiasi oleh Google Developers untuk mengembangkan aplikasi mobile melalui pembelajaran online di Udacity dan pertemuan offline (study group) dengan komunitas lokal. Program ini hadir di 10 Kota di Seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Makasar dan Kota Pontianak. Salah satu dosen Teknik Informatika UM Pontianak yang telah mempunyai Sertifikat Beginner adalah Sucipto, M.Kom, karena ia berinisiatif membawa IAK ke Universitas Muhammadiyah Pontianak. Hal ini dengan membawa mahasiswa/i bisa memperdalam ilmu pemrograman secara langsung.  Salah satunya IAK Batch 3 ini yang dilaksanakan di UM Pontianak.

Awalnya Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta mahasiswa semester 1 dan 3 Teknik Informatika UM Pontianak, namun saat kegiatan berlagsung peserta menyusur  menjadi 14 peserta. Kegiatan ini yang berlangsung selama 2 hari, yaitu dari tanggal 27-28 Januari 2018 mulai pukul 08:00 – 16:00 WIB bertempat di Laboratorium Komputer UM Pontianak, Jl. A. Yani No. 111 Pontianak. Kelas yang diadakan d adalah Beginner (Pemula). Kelas ini cocok bagi yang ingin membuat aplikasi Android, namun tidak memiliki pengalaman pemrograman apapun sebelumnya. Diharapkan kedepannya ada kelas Intermediate dan Advance di Kota Pontianak.

Setelah mengikuti pelatihan IAK ini peserta diwajibkan menyelesaikan Final Project berupa Aplikasi Media Informasi dan Quiz yang nantikan akan di nilai langsung oleh pihak Google Developers, yang terbaik akan di undang saat Awarding. Pengumuman peserta dengan aplikasi (final project) terbaik akan mendapatkan kesempatan mendapatkan marchendise dari Indonesia Android Kejar.

Tujuan kegiatan ini: pertama memperkaya kemampuan pemrograman Android langsung bersama fasilitator dengan modul kursus online Udacity. Kedua terhubung dengan para developer di komunitas. Ketiga kesempatan mendapatkan swag eksklusif dari Google dan Kesempatan mendapatkan sertifikat dari Indonesia Android Kejar. Adapun syarat mendapatkan sertifikat dari Google Develoipers pada kegiatan ini adalah: pertama pelajari kursus online di Udacity. Kedua tonton dan catat hal penting dari video pemaparan materi yang dibawakan dengan cara yang menyenangkan. Peserta terbaik akan diundang untuk mengikuti prosesi kelulusan bersama para fasilitator pilihan.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran