Menyiapkan Slide

SEM: Pengembangkan Potensi dan Kreativitas Mahasiswa Bidang Otomotif Abrori / 30-Jan-2018 12:01:18

Selamat pada mahasiswa dan dosen Program Studi Teknik Mesin Faklutas Teknik UM Pontianak yang berhasil mengikuti dan lolos dalam acara Shell Eco- Marathon (SEM). SEM adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh perusahaan Shell yang melombakan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang paling irit.

Saat ini SEM telah diselenggarakan di Eropa, Amerika, dan Asia sejak. Kegiatan ini diselenggarakan sejak tahun 2010. Kompetisi ini para mahasiswa ditantang untuk mendesain, membuat dan melombakan kendaraan mereka dengan peserta dari tim lain. Kendaraan yang paling irit menggunakan bahan bakar akan menjadi pemenangnya.

SEM Asia merupakan perlombaan tingkat Internasional yang merupakan sarana bagi mahasiswa seluruh Asia untuk mengembangkan kreativitas dan potensinya dalam bidang energi yang semakin langka.

Ada dua kompetisi yang sering dilombakan secara umum, yaitu kendaraan prototype dan kendaraan urban concept. Prototype adalah kendaraan dengan bentuk body yang memiliki tingkat gesekan udara kecil dengan efisiensi pemakaian bahan yang tinggi. Urban Concept adalah mobil lebih realistis yang dapat memenuhi kebutuhan pengemudi zaman sekarang.

Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta harus melalui proses registrasi dan seleksi oleh panitia. Setelah dinyatakan lolos tahap seleksi, peserta akan  menerima konfirmasi berupa undangan untuk ikut serta dalam kompetisi SEM  Asia 2018 di Singapura dengan kategori kendaraan urban concept pada kelas bahan bakar Gasoline. UM Pontianak lolos pada kategori ini dengan nama “Emisia Borneo 01”

Adapun persiapan yang dilaksanakan oleh “Mesin UM Pontianak Team” meliputi: persiapan teknis; yaitu persiapan yang berhubungan dengan proses pembuatan kendaraan dan strategi pertandingan. Persiapan non teknis,  yaitu   persiapan yang berhubungan dengan proses penggalangan dana, peminjaman fasilitas kampus, khususnya Laboratorium dan sebagainya.

Rektor UM Pontianak dalam sambutannya mengatakan “Mengapa mengikuti SEM? Kebermanfaatan mengikuti SEM adalah perlombaan tingkat Internasional yang merupakan sarana bagi mahasiswa seluruh Asia untuk mengembangkan kreativitas dan potensinya dalam bidang energi yang semakin langka. Kegiatan ini bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa dan pelajar asia di bidang otomotif untuk mengembangkan inovasi baru dengan cara mengefisiensikan bahan bakar, solusi transportasi saat ini dan masa depan yang hemat energi serta ramah lingkungan.” Pungkasnya

Waspodo selaku Ka-Prodi Teknik Mesin mengatakan “motivasi yang mendorong untuk ikut serta dalam event ini, yaitu ingin berperan dalam pengembangan teknologi untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan serta ingin mengharumkan nama Indonesia pada umumnya, Kalimantan Barat dan khususnya UM Pontianak pada tingkat Asia. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UM Pontianak untuk mengembangkan potensi dan kreativitas dalam bidang Teknik Mesin”. Jelas.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran