Menyiapkan Slide

Setitik Darah Menyelamatkan Hidup Orang Lain Abrori / 29-Jan-2018 20:01:38

Beberapa saat yang lalu Mahasiswayang tergabung dalam Unit Kegiatan Palang Merah Indonesia UM Pontianak mengadakan kegiatan donor darah untuk umum. Kegiatan ini diikuti oleh mahahsiswa, karyawan dosen dan masyarakat umum. Indah Budiastutik, SKM.,M.Kes Dosen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan sekalu pembina aksi donor darah mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan oleh UM Pontianak setiap tahunnya. Kegiatan ini mengangkat tema "Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial UM Pontianak kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan, aksi ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga di Lingkungan UM Pontianak.Dalam acara ini setidaknya diikuti 80 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari Mahasiswa, Dosen, Karyawan, TNI, Polri, Dosen,mahasiswa dan karyawan di lingkungan kampus UM Pontianak”. Ujarnya

"Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat," jelas panitia pelaksana aksi donor darah.Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari sivitas akademika UM Pontianak. Salah satunya Ismael, Dosen Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UM Pontianak. Personal TNI dan Polri yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa ia melakukan donor darah rutin karena merasa prihatin tidak sedikit pasien dalam kondisi gawat yang sulit mendapatkan donor darah."Semoga dari donor darah ini bisa membantu," harapnya.

Pernyataan senada disampaikan Winda dan Naila Staf Infokom UM Pontianak, yang baru pertama kali ini melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

Sementara itu, staf PMI Kota Pontianak menyampaikan bahwa persediaan darah di PMI Kota Pontianak masih mencukupi kebutuhan hingga beberapa bulan yang akan datang di tahun 2018 mendatang. Bahkan masih bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan darah di daerah-daerah lainnya. Beliau mengatakan "Menjelang akhir tahun banyak pihak yang mengadakan aksi donor darah sehingga stok darah masih aman sampai penghujung tahun, tetapi biasanya di bulan Januari mulai jarang," jelasnya.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran