Menyiapkan Slide

Public Speaking: Strategi dan Teknik Berbicara yang Tepat Abrori / 26-Nov-2017 10:11:52

UM Pontianak, Enkasari public speaking (Berani Bicara). Adalah suatu kegiatan Kuliah umum. Acara diselenggarakan Kamis, 23/11/17 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Pontianak. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan.

Kuliah umum ini bertujuan untuk mengasah soft skill komunikasi mahasiswa, kegiatan dipandu oleh Bayu Oktara yang dikenal publik sebagai presenter sekaligus penyiar radio dalam dunia entertaiment. Ia memaparkan kiat kiat ampuh untuk menjadi seorang komunikator yang baik, salah satunya adalah dengan memperhatikan dan menganalisis audiens yang akan dihadapi. “saat kita berkomunikasi, kita harus menyentuh seseorang tepat di hatinya, seperti lirik lagu” ujarnya.

Acara berlangsung sangat hangat dan jauh dari kata membosankan. Pemaparan materi yang disampaikan oleh Bayu Oktara secara menyenangkan mampu membawa gelak tawa mahasiswa sepanjang acara. Ilmu yang ia bagikan juga mampu membuka wawasan mahasiswa Prodi Kesmas Fikes UM Pontianak lebih jauh mengenai dunia komunikasi dan public speaking, mengingat bahwa kedua ilmu tersebut sangat penting sebagai bekal untuk menjadi seorang Public Relations nantinya.

Menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi:Public Speaking adalahsebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini,mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu.

Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika) yang mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, dan presenter serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.

Pada sesi akhir, acara yang juga disponsori oleh Enkasari ini memberikan pemaparan khusus mengenai produk Enkasari yang diproduksi oleh Kimia Farma sebagai obat mulut dan sariawan, tidak lupa, mereka pun menyelenggarakan sesi testimoni dan quiz yang diikuti oleh mahasiswa secara antusias. Acara ditutup dengan pembagian goodie bag kepada seluruh pemenang quiz. Abrori 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran