Menyiapkan Slide

Keterbukaan Informasi Publik: Mendorong Transparansi, Efektifitas, dan Akuntabel Abrori / 25-Nov-2017 19:11:58

UM Pontianak, bertempat di ruang rapat lantai 2, Badan Informasi dan Komunikasi dan Badan Administrasi Umum menerima visitasi dalam rangka pemeringkatan keterbukaan informasi publik. Kegiatan tersebut dilaksanakan langsung oleh Komisioner Informasi Publik Provinsi Kalimantan Barat yang terdiri atas: Rospita Vici Paulyn, ST.  Abang Amirullah, Sy. Muhammad Herry, M. Hum. Abdullah SPd, Hawad Sriyanto, SH, Chatarina Pancer Istiyani SS, MHum, SY Muhammad Herry M.Hum, Abang Amirullah dan  Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID).

Tujuan utama dari visitasi ini adalah untuk melakukan verifikasi di lapangan terhadap dokumen-dokumen pendukung atau data yang memang telah dimiliki UM Pontianak dalam rangka penunjang keterbukaan informasi publik.

Pada sambutan yang diwakili oleh Rospita Vici Paulyn, ST  mengatakan bahwa  “setiap badan publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik, kecuali informasi yang termasuk kategori "dikecualikan". Informasi yang diberikan harus akurat, benar, dan tidak menyesatkan. Berkaitan dengan itu, setiap badan publik memiliki kewajiban melaksanakan kearsipan dan pendokumentasian berdasarkan peraturan perundang-undangan. Selain itu, setiap badan publik berkewajiban menyediakan dan mengumumkan informasi dalam tiga kategori berikut: pertama  informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala. Kedua informasi yang wajib diumumkan secara serta-merta, dan ketiga informasi yang wajib tersedia setiap saat.” Terangnya.

Pada saat yang sama Catrine memuji progresifitas dan keterbukaan yang dilakukan oleh UM Pontianak yang tergambar semua di Website utama UM Pontianak.

lebih lanjut Abang Amrullah menyampaikan bahwa “UM Pontianak, melalui Infokomnya, telah mendukung program keterbukaan informasi publik, dan dokumen pendukung sudah lengkap. Namun terdapat masukan dan saran untuk Infokom yaitu perlu melengkapi sarana prasarana, yaitu ruangan khusus seperti Pusat Informasi yang terdokumentasi dalam hal pelayanan informasi. Masukan dan saran sebagai salah satu hasil visitasi tersebut disambut baik oleh Infokom, dan BAU menyampaikan terimakasih atas masukan dan saran tersebut, yang akan disampaikan kepada pimpinan UM Pontianak.

UM Pontianak telah berhasil masuk ke tahap akhir, yaitu visitasi badan publik. Artinya perguruan tinggi ini merupakan siap menuju keterbukaan Publik tinggal melengkapi seperti apa yang direkomendasikan saat visitasi Komisi Informasi Publik dan PPID. Untuk itu, tim asesor dari KIP Provinsi Kalbar pun melakukan visitasi ke kampus UM Pontianak untuk melihat secara langsung keterbukaan informasi yang dilakukan di kampus tersebut.

Terdapat empat indikator penilaian untuk menentukan pemeringkatan ini. Empat indikator itu adalah mengumumkan informasi publik, menyediakan informasi publik, pelayanan informasi publik, serta pengelolaan dan pendokumentasian informasi publik.

Dalam laman http://ppid.kalbarprov.go.id dikatakan bawa Keterbukaan informasi publik memberikan keuntungan baik bagi masyarakat maupun badan publik. Keterbukaan atau transparansi memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan peran serta mereka dalam penyelenggaraan pelayanan, sedangkan bagi badan publik memberikan peluang untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi. Keterbukaan Informasi Publik memberikan manfaat antara lain: pertama adanya jaminan hak bagi setiap orang untuk mengetahui rencana, program, proses, alasan pengambilan suatu kebijakan publik termasuk yang terkait dengan hajat hidup orang banyak. Kedua mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik. Ketiga mendorong penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparansi, efektifitas, efisiensi, dan akuntabel. Keempat mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan badan publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas. Abrori 

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran