Menyiapkan Slide

Toleransi & Kebhinekaan Muhammadiyah, Tidak Perlu Diragukan. Abrori / 21-Nov-2017 09:11:19

UM Pontianak, dalam rangka Milad Muhammadiyah beberapa saat yang lalu diadakan diskusi dengan mengangkat tema “Muhamadiyah Merekat Kebersamaan Dalam Bingkai Islam”. Adapun pembicara tema tersebut adalah mantan kepala staf Kostrad, Mayjen (Purn) Kivlan Zen.

Menurut beliau, saat ini nilai juang Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia tengah dirongrong berbagai persoalan. Akibat ketidakadilan dan kesejahteraan yang tidak dapat dirasakan oleh rakyat. Sebab mata rantai bisnis dan perputaran kekuasaan, uang hanya dikuasai oleh segelintir kelompok tertentu saja, oleh karena itu beliau berharap dalam momentum kebersamaan kali ini mari umat Islam untuk menyamakan kembali persepsi kebangsaan dalam menjaga dan mempertahankan harga diri bangsa Indonesia.

Sementara ketua PWM mengatakan bahwa “Diskusi kebangsaan tersebut diadakan dalam rangka Milad. Muhammadiyah dalam rentang usianya yang sudah lebih dari satu abad telah merasakan dinamika kehidupan berbangsa. Kiprah membangun dan mengisi ruang kehidupan kebangsaan yang berlandaskan bingkai kebersamaan atas prinsip toleransi dan kebhinekaan dari Muhammadiyah, tidak perlu diragukan”.

Artinya, harus ada upaya aktif dari seluruh masyarakat untuk mewujudkan Indonesia bersatu, agar upaya itu bukan hanya berujung kepada slogan, melainkan realitas. Sebagai salah satu elemen masyarakat, Muhammadiyah mencoba membina umat yang saat ini sedang memudar di tengah masyarakat karena berbagai persoalan termasuk konflik sosial.

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran