Menikah Dini atau Menggapai Mimpi dan Prestasi Abrori / 16-Nov-2017 19:11:58

UM Pontianak bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat mengadakan diskusi dengan mengakat tema “Menikah dini atau menggapai mimpi dan prestasi”. Diskusi dengan Narasumber Heriansyah SH.,SHI.,M.Pd dari UM Pontianak, Ir Aulia Arfiansyah Arief, M.Si, dari BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, dan  Nordianto Hartoyo Sanan, kegiatan disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Wilayah Kalimantan Barat.

Berbicara pernikahan itu selalu menarik apalagi pernikahan dini. Setidaknya ketika membicarakan pernikah dini perlu diliat dari berbagai sudut pandang; antara lain dari sudut pandang ilmu psikologi, menurut Robert J. Havighurst (Turner dan Helms, 1995), tugas perkembangan manusia pada tahap dewasa awal (usia 21 - 40 tahun) antara lain: Pertama mencari dan menemukan Calon Pasangan hidup;perkawinan. Kedua Membina kehidupan rumah tangga;berumah tangga dan mandiri secara ekonomi. Ketiga Meniti karir dalam rangka memantapkan kehidupan ekonomi rumah tangga; mencapai puncak prestasi, penuh semangat, dan idealis serta pekerja keras. Keempat  Menjadi warga negara yang bertanggung jawab; keinginan hidup tenang, damai, dan bahagia di masyarakat.

Dari sudut pandang kesehatan, pernikahan mensyaratkan kondisi fisik dan psikis tertentu agar dapat mencapai manfaat yang optimal. Setidaknya menikah idealnya usia  21-23 tahun mengapa?  pada usia tersebut biasanya seseorang telah merampungkan studi S1-nya dan sedang mulai meniti karir atau usahanya. Di rentang usia tersebut manusia berada pada fase emas kondisi fisik dan emosional yang optimal.Lalu persiapan apa yang paling utama dibutuhkan oleh pasangan yang hendak melangsungkan pernikahan?Satu hal yang paling utama, setelah memiliki calon pendamping hidup, yang paling dibutuhkan adalah niat untuk melangsungkan pernikahan dengan dasar ibadah, sebagai wujud menyempurnakan agama

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran