PPL: Kreativitas Calon Guru Kreatif dan Inovatif Abrori / 19-Sep-2017 15:09:20

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan mahasiswa pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Untuk mencapainya mahasiwa diharuskan menempuh kuliah prasyarat tertentu. Selain itu, PPL adalah pra-sayarat untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. Aktifitas PPL mencakup antara lain: latihan mengajar secara terbimbing, terpadu, tugas-tugas keguruan dan kependidikan lain guna memenuhi persyaratan profesi kependidikan.  

Adapun tujuan kegiatan PPL: pertama membentuk profesionalitas guru atau tenaga kependidikan, baik yang berkenaan dengan latihan mengajar di dalam kelas, pengelolaan administrasi maupun pemecahan masalah di sekolah dan pemecahan persoalan siswa. Kedua membentuk dan mempersiapkan calon guru yang kreatif dan inovatif. Mengingat akan tantangan dunia pendidikan saat ini menuntut guru untuk selalu berinovasi dan memberikan sesuatu hal yang baru kepada siswa. Ketiga menjadikan FKIP UM Pontianak sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Berbicara Program PPL adalah program yang dilaksanakan oleh mahasiswa di sekolah. Program ini bukan suatu kegiatan pengabdian pada sekolah yang bersangkutan. Akan tetapi, PPL merupakan kegiatan kependidikan guna meningkatkan dan memperdalam ketrampilan mahasiswa yang terkait dengan praktek mengajar serta praktek prasekolah. Kegiatan PPL lebih menekankan keterampilan mahasiswa dalam bidang keguruan, baik kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan manajemen sekolah lainnya.

Adi Pasah Kahar, S.Pd.,M.Pd mengatakan “Pada tahun ini FKIP UM Pontianak kembali mengadakan program PPL bagi calon guru Biologi, Kimia dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Adapun sasaran sekolah untuk pelaksanaan PPL terfokus pada daerah Kabupaten Kubu Raya. Selain sebagai wadah membentuk perwujudan guru profesional juga bagian dari pemerataan pendidikan, juga dalam rangka mengenalkan FKIP UM Pontianak pada sekolah di lingkungan Kabupaten Kubu Raya”. Terangnya

Sementara Dr. Hairida, M.Pd mengatakan “PPL adalah sarana terbaik membentuk calon guru yang siap di lapangan. Sebelum diturunkan ke sekolah, para calon guru (mahasiswa) FKIP sudah dibekali materi dan gambaran tentang profil guru yang kreatif. Hal ini, agar calon guru lebih percaya diri dalam menghadapi murid saat PPL di sekolah nantinya”. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran