Menyiapkan Slide

SPMI: Input Based Education Ke Outcome Based Education Abrori / 11-Sep-2017 16:09:08

Peningkatan mutu pendidikan tinggi saat ini mendapatkan perhatian yang cukup, mengingat dalam konteks daya saing global pendidikan semakin kompetitif. Peningkatan mutu perguruan tinggi diperlukan guna menjamin lulusan yang bermutu sesuai kebutuhan dunia nyata. Hal ini, juga bagian dari peran penting perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa. Perubahan yang cepat baik dalam negeri maupun secara global, membuat pendidikan tinggi juga perlu melakukan penyesuaian bahkan paradigma.

Untuk peningkatan mutu tersebut perguruan tinggi masing-masing mempunyai apa yang disebut dengan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dalam literatur SPMI adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi secara otonom guna mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Mengingat akan tuntutan dunia kerja terhadap kompetensi lulusan mengharuskan perubahan akan kurikulum dari input based education ke outcome based education. Dalam pembelajaran juga terjadi pergeseran paradigma dari instruction paradigma ke student learning paradigma.

Adapun Tujuan SPMI adalah untuk menggalang ide, pengalaman, dan praktik-baik dari kolega, akademisi, pakar pendidikan, dan pemangku kepentingan untuk dijadikan landasan dalam perencanaan strategis peningkatan daya saing lulusan melalui reformasi kurikulum dan teknik pembelajaran sehingga meningkatkan kualitas institusi pendidikan tinggi yang diakui secara regional.

Untuk menunjang hal tersebut Kemeristekdikti beberapa saat yang lalu mengadakan lokakarya penyusunan dokumen SPMI yang bertempat di Hotel Aston Pontianak. Acara digelar  pada tanggal 4-6 September 2017, yang dihadiri seluruh perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Barat termasuk UM Pontianak. Sementara itu, utusan dari UM Pontianak antara lain: Ir. Rachimi, M.Si ( ketua Lembaga Penjaminan Mutu), Elin B. Somantri, S.Ag, M.Pd (sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu) dan Sumiyati, S.E, M.M (ketua Gugus Penjaminan Mutu Fak. Ekonomi dan Bisnis). Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran