Menyiapkan Slide

Pendampingan Pelaku Usaha Makanan Tradisional KUE BINGKA Pebli hardi / 08-Sep-2017 10:09:45

UM Pontianak melaksanakan pendampingan bagi pelaku usaha pembuat makanan tradisional kue bingka yang ada di desa sanggau kapuas, Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Ttinggi yang salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilakukan oleh Dosen. Program pendampingan pelaku makanan tradisional ini sendiri merupakan program hibah pengabdian dosen dari Kementerian Riset dan teknologi Pendidikan Tinggi yang telah didapatkan oleh Samsuddin, SE, M.Si, salah seorang dosen di Fakultas Ekonomi UM Pontianak. Kegiatan pendampingan juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan Kuliah Kerja Usaha yang dilakukan oleh mahasiswa UM Pontianak.

Dalam kegiatan pengabdian ini, dilaksanakan beberapa kegiatan di antaranya pembuatan kemasan produk, yang dilakukan desain ulang terkait kemasan produk yang digunakan selama ini agar lebih menarik dan informatif. Di samping itu juga dilakukan kegiatan pembuatan media promosi usaha melalui pembuatan nama usaha dan penyediaan kartu nama pemilik usaha untuk disebarluaskan serta perbaikan manajemen pemasaran produk. Selain itu, juga dilakukan penyerahan bantuan peralatan usaha berupa satu set oven gas yang digunakan untuk membuat produk makanan kue bingka.

Makanan kue bingka sendiri merupakan makanan tradisional masyarakat melayu yang sangat terkenal, makanan ini pada umumnya sangat digemari terutama pada saat bulan puasa. Namun saat ini,  keberadaan makanan ini sudah diakui masyarakat secara luas tidak hanya di kalangan masyarakat suku melayu saja. Di Kota Pontianak sendiri makanan ini sudah menjadi makanan harian bahkan mejadi salah satu produk oleh-oleh khas yang dibawa pulang masyarakat luar yang berkunjung ke kota Pontianak, dan keberadaannya sudah sangat mudah di temui di beberapa sudut kota.

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian Dosen dan mahasiswa dari UM Pontianak ini diharapkan keberadaan kue bingka di Kabupaten Sanggau akan dapat semakin dikenal luas oleh masyarakat, dan dari sisi bisnis usaha ini juga dapat terus dikembangkan, selain melestarikan budaya daerah terkait makanan tradisional produk ini juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat yang menekuninya. Abrori

Akreditasi Institusi
Dan Program Studi

Selengkapnya

Mahasiswa Baru
UM Pontianak

Informasi Pendaftaran